(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Workshop DAK Bidang Pertanian

Admin distan | 06 April 2014 | 921 kali

Workshop regional Dana Alokasi Khusus (DAK) Th. 2015 wilayah Timur berlangsung pada 1 s/d 3 april di Hotel Horizon, Bandung. Pertemuan ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian RI, Hari Priyono. Dalam kesempatan tersebut Sekjen menegaskan kembali bahwa usulan proposal/Data Teknis diharapkan disampaikan melalui aplikasi e-proposal, jika sudah mengirimkan dalam bentuk hard copy diharapkan tetap menginput pada aplikasi e-proposal. Melalui e-proposal,transparansi kegiatan dan alokasi anggaran akan tergambar jelas serta proses kontrol antar SKPD dapat dilakukan  mulai tingkat kabupaten, propinsi sampai ke tingkat pusat. Sekjen Kementerian Pertanian juga menegaskan bahwa besaran alokasi anggaran DAK tidak dipengaruhi oleh siapa pejabatnya akan tetapi dipengaruhi oleh kriteria khusus dan kriteria umum, dalam hal ini Kementerian Pertanian yang menentukan kriteria khusus.  

Paradigma bahwa kehadiran pemerintah terhadap masyarakat dengan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat akan menjadikan penyelenggara negara baik pusat maupun daerah selalu memprioritaskan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, seharusnya tidak akan ada lagi pertanyaan-pertanyaan yang hanya berkutat kepada masalah organisasi di satuan kerja seperti apakah boleh DAK untuk beli mobil, perbaikan kantor dll. Sekjen menekankan kepada para pejabat daerah bahwa ada jaminan dari program/kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di DAK di dedikasikan kepada kebutuhan masyarakat dan menjawab masalah-masalah yang dihadapi petani. Dalam workshop disampaikan usulan kegiatan yang akan menjadi kegiatan untuk DAK bidang pertanian tahun 2015 oleh Dirjen lingkup pertanian. Hasil dari pertemuan ini yaitu rencana usulan alokasi DAK diantaranya untuk Kabupaten : (1)Pengembangan prasarana dan sarana air yaitu: Irigasi Air Tanah, Irigasi Air Permukaan, Embung dan Dam Parit, (2)Pembangunan/Rehabilitasi/Renovasi UPTD/ Balai Penyuluh Pertanian di kecamatan dan penyediaan sarana pendukungnya(3)Pembangunan Gudang Cadangan Pangan Pemerintah dan Penyediaan Sarana Pendukungnya (4)Pembangunan/Rehabilitasi/Renovasi UPTD/Balai Perbenihan Tanaman Pangan, Hortikultura, Packing House untuk Tanaman Hortikultura dan Gudang Pestisida serta penyediaan sarana pendukungnya. (5)Pembangunan/Rehabilitasi/Renovasi UPTD/Balai Perbenihan Tanaman Perkebunan dan Penyediaan sarana Pendukungnya(6)Pembangunan/rehabilitasi/Renovasi UPTD/ Balai Perbibitan, Pusat Kesehatan Hewan, RPH Rumuinansia dan RPH Unggas serta penyediaan sarana pendukungnya

Hadir dalam pertemuan tersebut Kadis Pertanian dan Peternakan Ir Nyoman Swatantra, MMA beserta staf. Terkait dengan rencana kegiatan DAK bidang pertanian tahun 2015, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buleleng  menindaklanjuti hasil pertemuan dengan mensosialisasikan rencana juknis DAK 2015 ke bidang dan seterusnya direkap dan disampaikan melalui e proposal sesuai petunjuk ke Kementan RI sebelum batas waktu penyampaian usulan DAK pada tanggal 25 April 2014.

Oleh: Made Siladharma, S.TP (Staf Subag Perencanaan Distanak Buleleng)