(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Upacara Melaspas dan Syukuran BPP Model di BPP Gerokgak Kabupaten Buleleng

Admin distan | 24 September 2018 | 536 kali

Senin 24 September 2018 Acara Melaspas kantor BPP Gerokgak yang diadakan di kantor BPP Gerokgak Desa Patas kecamatan Gerokgak kabupaten Buleleng, dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Buleleng , Kabid Dinas Pertanian, Pemangku, Kordinator BPP Gerokgak, PPL se Kecamatan Gerokgak dan staf BPP Gerokgak, Ketua Gapoktan se kecamatan Gerokgak.

Melaspas adalah upacara pembersihan dan penyucian bangunan yang baru selesai dibangun atau baru ditempati kembali, seperti rumah, kantor, toko, kandang dan lain sebagainya. Upacara melaspas dilaksanakan oleh umat Hindu di Bali, Indonesia. Kata melaspas berasal dari bahasa Bali yang terdiri atas dua kata yakni Mlas dan Pas. Mlas artinya pemisah dan pas artinya cocok. Dari kedua rangkaian kata tersebut, melaspas berarti pembuatan bangunan biasanya terbuat dari dua unsur, yakni kayu dan batu dan apabila disatukan akan berbentuk bangunan cocok dan sangat layak untuk ditempati dan ditinggali. Bagi umat Hindu, upacara ini wajib dilaksanakan dan sudah menjadi tradisi turun-temurun hingga saat ini. Upacara ini digelar agar orang yang akan tinggal di bangunan tersebut merasa aman dan tentram serta betah dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan (sakit, boros, marah, dan pertengkaran)

Diharapakan dengan rampungnya Kantor BPP Gerokgak yang merupakan BPP Model di Kabupaten Buleleng, seluruh Penyuluh Pertanian , POPT, Mantri Tani lebih terpacu lagi dalam mendukung dan mensukseskan program pemerintah Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali maupun Kementerian Pertanian .

 

Komang Dodi Kusuma Jaya, S.Pt/BPP Gerokgak