(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Survey Kedelai Persiapan Panen

Admin distan | 25 Oktober 2018 | 330 kali

 

Kamis, 25 Oktober 2018 dilaksanakan kegiatan survey tanaman kedelai persiapan panen kering, yang dilaksanakan di Subak Enjung Sangiang, Desa Kaliasem, Kec. Banjar dengan petani penggarap lahan, diamati langsung oleh tim dari Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng beserta Koordinator BPP Banjar, PPL Wilayah Binaan.

Kegiatan survey tanaman kedelai ini dilaksanakan untuk mencoba mesin perontok kedelai dari dinas pertanian dengan beberapa standar kreteria kadar kering buah yang harus di sesuaikan di lapangan

Dari kegiatan survey tersebut dilakukan beberapan negosiasi langsung dari kabupaten dengan petani dimulai dari penentuan kapan panen tanaman, kondisi tanaman, perkiraan hari penggunaan mesin perontok dan beberapa negosiasi untuk penjagaan tanaman pada saat pengeringan hasil panen.

Dilihat dari situasi sekarang kabupaten buleleng masih dalam kondisi kering dengan curah hujan yang sulit untuk di tentukan. Dengan situasi tersebut tim dinas pertanian langsung memilih tanaman yang bisa di panen secepatnya. Hal tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menghindari dari musim hujan yang menyebabkan kedelai basah/lebab menyebabkan tidak bisa di rontok dengan mesin.

Tentunya hal tersebut bertujuan untuk mendapakan hasil panen yang bagus dapat melihat langsung perontokan kedelai dengan mesin dari dinas pertanian dan juga hubungan antara petani dan kedinasan, khususnya dinas pertanian semakin baik.

 

Sada Wedantara_BPP Banjar