(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

SUBSIDI BENIH PADI DI DESA DENCARIK

Admin distan | 05 September 2018 | 297 kali

Balai Penyuluh Pertanian Banjar, Selasa (4/9/2018) Kelian Subak Taman beserta PPL administrasi CPCL bantuan benih padi.

Pengurusan administrasi CPCL bantuan benih padi langsung di awasi oleh Koordinator di BPP Banjar, sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah tentang pengawasan subsidi pertanian.

Pembuatan CPCL ini mempertimbangkan dengan masa tanam benih yang masih kesulitan untuk proses penanamannya. Dimana permasalahan terletak pada kondisi dilapangan kususnya di Desa  Dencarik yang masih kekurana pengairan. Sesuai kesepakatan petani di lapangan pembagian air untuk penggunaan penanaman padi masih belum didapat. Selain itu juga disebabkan oleh kondisi bendungan yang rusak, saluran irigasi yang masih hancur oleh bencana banjir yang terjadi sebelumnya.

Dari bangunan yang rusak tersebut pemerintah dalam hal ini PU dan juga Dinas Pertanian langsung turun tangan memperbaiki kerusakan tersebut yang masih berjalan sampai saat ini.

Solusi yang di ambil oleh petani memilih untuk mengundur masa penanaman pada bulan Desember, dimana pada bulan tersebut diperkirakan bulan  penghujan sesuai dengan acuan dari tahun-tahun sebelumnya. Harapan petani agar perbaikan saluran irigasi tersebut bisa rangkum lebih cepat, juga kuat untuk jangka panjang dan tentunya dapat membantu masyarakat kususnya dalam bidang pertanian. (Sada Wedantara)