(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Studi Lapang Pengembangan UPSUS Produksi dan Produktivitas Komoditi Jagung oleh Pemkab TAKALAR

Admin distan | 21 Februari 2018 | 543 kali

Dalam rangka Pengembangan UPSUS Produksi dan Produktivitas Komoditi Jagung, Pemkab Takalar Provinsi Sulawesi Selatan, melaksanakan Study Lapang yang bertempat di Kabupaten Buleleng pada tanggal 21 Februari 2018. Rombongan yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari Kepala Bidang Tanaman Pangan, PPL/THL, Penangkar Benih, dan staf, diterima di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng oleh Bapak Kabid Tanaman Pangan Kabupaten Buleleng untuk berdiskusi.

Setelah acara diskusi, dilanjutkan dengan kunjungan lapangan di Poktan Citra Pertiwi Desa Penyabangan Kecamatan Gerokgak yang dipandu oleh Koordinator BPP Gerokgak dan PPL serta POPT dan ramah tamah di Asosiasi Prima Karya Sari.

Sebagian besar petani jagung di Kecamatan Gerokgak telah melaksanakan tumpang sari jagung dan cabai, dimana hal tersebut dapat memberikan tambahan pendapatan petani, namun disisi lain penangkar benih jagung yang belum ada di Kabupaten Buleleng, sudah ada di Kabupaten Takalar. Diharapkan ke depan ada penangkar benih jagung yang dapat memberikan kemudahan/kelancaran distribusi bibit jagung kepada petani. Upaya lainnya untuk meningkatkan produksi dan produktivitas jagung di Kabupaten Buleleng antara lain dengan memberikan dukungan berupa bantuan bibit, alsin, dan sarana lainnya seperti sumur bor, mesin pompa dll.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Kabupaten Takalar menyampaikan ucapan terima kasih dan kesan yang mendalam atas penerimaan dan keramahan yang diterima baik petani, petugas, maupun asosiasi. Semoga sharing informasi dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

(nyoman suarda)