(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

STUDI BANDING SL PISANG KE KELOMPOK TANI TERNAK SWAKA MITRA PEGENTENGAN

Admin distan | 15 Oktober 2018 | 297 kali

Senin 15 Oktober 2018, telah dilaksanakan kegiatan Studi Banding dari Kelompok Tani Pisang Tunas Pahala Harapan ke Kelompok Tani Ternak Suwaka Mitra yang di dampingi langsung oleh Koordinator BPP Banjar, Semua petugas PPL se Kec. Banjar, Petugas Dokter Hewan, Petugas POPT, beserta beberapa dari anggota Kelompok Tani Ternak Swaka Mitra.

 

Beberapa tahapan kegiatan dipaparkan langsung oleh Bapak Koordinator, dimulai dari pembukaan acara, arahan dari Koordinator, materi dari PPL wilayah binaan, narasumber langsung dari anggota kelompok Swaka Mitra, dan sesi tanya jawab. Adapun beberapa testimony yang langsung diberikan narasuber yaitu :

 

1.      Kelompok Tani Ternak Swaka Mitra ini pernah mendapatkan juara harapan 5 tingkat provinsi dengan hadiah berupa 1 ekor sapi.

2.      Pernah mendapatkan juara 1 dalam lomba pisang di acara Twins Lake Festival yang dilaksanakan di Danau Buyan dengan melombakan Pisang Raja Lokal (Dak Raja).

 

Juara yang didapat tentunya penuh pengorbanan dan impian dengan kondisi tanah cadas di Banjar Dinas Pegentengan sangat kering, sulitnya memperoleh air untuk penyiraman tanaman. Lahan seperti ini minimal sekali harus bisa mempertahankan hidupnya tanaman dengan beberapa perlakuan yang diberikan.

 

Khususnya pada tanaman pisang, di kelompok Swaka Mitra dengan inofasi dan bimbingan dari PPL Wilayah binaan mendapatkan suatu cara menghasilkan pisang yang unggul. Adapun cara yang dipaparkan dalam acara studi banding ini dengan pemberian bio urine ke  daerah perakaran, dan beberapa tips untuk takaran pemberian pupuk yang benar.

 

Selain pemberian bio urine pada perakaran tanaman, pemberian bio urine juga diberikan pada jantung pisang yang dipotong. Caranya dengan memberikan sungkup yang terisi bio urine sesuai dosis yang diperlukan dan pelastik penyungkup harus tahan/tidak tembus terhadap sinar matahari.

 

Harapan kedepan supaya penggunaan pupuk kimia bisa di kurangi diimbangi dengan penggunaan pupuk organic, pemanfaatan limbah organic maupun non organic dimulai dari hal yang terkecil hingga menjadi keharusan bersama. Seperti selogan orang tua dulu (Lemeke ade di limane) yang diartikan jika kita rajin bekerja, niscaya akan dapat penghasilan yang baik.

 

BPP Banjar_Sada Wedantara