(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Sosialisasi sekaligus teknik Budidaya Tanaman Kopi Robusta (klon BP 308) Dengan perbanyakan Vegetatif Stek Intres Di Kelompok Tani Karya Amert

Admin distan | 31 Oktober 2018 | 702 kali

Tgl 30 Oktober 2018, berlangsung Sosialisasi sekaligus teknik Budidaya Tanaman Kopi Robusta (klon BP 308), yang dihadiri oleh narasumber dari Instansi Pejabat Desa, Kasi Perkebunan, Koordinator BPP Kecamatan Busungbiu , PPL wilbin Bongancina dan Anggota Kelompok Tani Karya Amerta Desa Bongancina Kaja.

Kelompok Tani Karya Amerta berjumlah 25 orang termasuk Ketua,wakil,bendahara dan sekertaris.
Berdiri tahun 2009 yang masih eksis hingga di tahun 2018 dengan berbagai infofasi hasil budidaya perkebunan yang telah diciptakan seperti budidaya tanaman Pisang, Salak Madu, Manggis dll.

- Sambutan Perbekel bongancina menytakan semua perangkat yg bergerak di bidang Pertanian seperti Klian Subak dan instansi dari klian Dines harus menjadi satu kesatuan , agar bisa berjalan bersinergi tanpa adanya tumpang tindih di kemudian hari, dan bisa dikenal , diwariskan ke anak cucu kedepan di Desa Bongancina, Apalagi Desa bongancina akan berwacana sebagai destinasi Wisata Desa yang tentunya Agrowisata yang akan melekat di dalam jati diri Desa Bongancina.
- Narasumber dari Kasi Perkebunan Kabupaten Buleleng bpk Agung Berkata; Kegiatan agak sedikit terlambat dari pihak dinas Pertanian/perkebunan dalam segi pendanaan, karena pemerintah kini memprioritaskan "tanaman pangan" , tidak lepas dari semua hal prioritas hasil perkebunan merupakan perut Ekonomi masyarakat pekebun/petani yang menghasilkan hasil-hasil kebun/hortikultura seperti , Manggis,salak,Kopi, pisang, kakao,dll dan tentunya tidak akan mengenal skala prioritas karena mereka juga menggantungkan roda ekonomi di hasil perkebunan mereka.

- tenik budidaya stek intres BP308/klon yang di anggap unggul di kebun pribadi milik petani bisa di budidayakan asalkan memberikan efek positif bagi petani yang di lihat dari , jumlah biji/gepok, jumlah gepok per panjang ruas (minimal 10 gepok/1 ruas produktif) dan (maksimal 12 gepok/1 ruas produktif) sudah masuk dalam perhitungan tanaman/klon kategori unggul.
- Tanya jawab & sekaligus praktek langsung cara pengambilan klon calon stek intres yang baik sesuai standar teori lapangan yang di praktekan oleh , Koordinator BPP Kec Busungbiu ( I Wayan Budiasa) & PPL Wilbin Bongancina ( Made Radia). Stek Intres kopi robusta khususnya klon BP308 seyogyanya harus memiliki asal usul dari pemilik kebun yang jelas seperti "kebun induk kopi robusta" di Desa Pupuan, atau di kebun petani yang pernah mengambil klon di Kebun induk tersebut. Stek intres produktif diambil dari cabang B.0, Cabang B.0 ialah cabang yang tumbul segar/wiwilan yang baru tumbuh langsung dari pangkal tanaman Kopi.

Cara pengambilan ruas dianjurkan tidak memilih ruas yang terlalu tua/muda, yaitu kisaran cabang ke 2,3 hingga 4 dari pangkal ruas. Setelah stek intres yang di inginkan sesuai standar maka selanjutnya terapkan panjang ruas yang harus di potong dan diambil satu "buku"/ruas saja dengan panjang 4-5 cm dimana sisakan 1/4 daun cabang bawaan.

- Cara menanam , stek intres cukup memotong ujung bawah ke arah melebar trapesium. Tujuannya agar calon perakaran bisa merata dan banyak. Di taruh di media tanam polybag yg sebelumnya sudah dipersiapkan media tanam. Teknik penyiraman dianjurkan dengan menggunakan sprayer ukuran besar dengan ujung kluar halus, agar saat menyiram klon stek intres tidak mudah terkoyak/goyang terkena air. Siram secukupnya karena jika terlalu lembab juga akan menyebabkan busuk batang.

Kesimpulam
- Budidaya dengan stek intres bisa memangkas jenjang waktu tanam/tumbuh bibit lebih cepat ketimbang dengan pembenihan dari Biji.
- Pembentukan Dalam vase Vegetatif lebih mudah karena stek intres cendrung cepat tumbuh dan subur meskipum di kondisi tanah yg kurang subur.
- umur tanaman bisa tahan lama karena memiliki akar serabut lebih banyak. Dan akar tunggal melebihi dari tanaman kopi yang dibudidayakan dari biji.

 

Harisca Rusmaedy/BPP Busungbiu