(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Sosialisasi SAKIP

Admin distan | 26 September 2018 | 271 kali

Rabu, 26 September 2018 Kasubag Perencanaan I Made Siladarma S.TP mensosialisasikan akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintahan di ruang Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian. Isu strategis yang sedang dialami khususnya di bidang Pertanian yakni : 1. Rendahnya produktivitas/ produksi pertanian 2. Lemahnya daya saing dan mutu produk pertanian 3. SDM Pertanian rendah. Dengan itu pemerintah ingin meningkatkan produksi, mutu , daya saing dan pemasaran komoditas pertanian.

Adapun misi dari pemerintah yaitu pengembangan ekonomi yang berbasis pada produk unggulan daerah. Kasubag perencanaan juga melaporkan pada Tahun 2017 capaian hasil panen padi lebih rendah dari tahun sebelumnya dan tidak memenuhi target. Target produktivitas padi tidak tercapai disebabkan adanya perubahan iklim yang sangat extrim pada bulan Januari – April 2017 terjadi hujan lebat di atas normal sehingga kurang mendapat sinar matahari berakibat sehingga fotosintesis tidak berjalan normal dan berdampak terhadap pengisian bulir pada saat pembuahannya tidak maksimal, Curah hujan yang berlebihan berdampak pula terhadap serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan ( OPT ).

Begitu juga pada hasil produksi buah-buahan dilaporkan pada Tahun 2017 tidak mencapai target dikarenakan faktor iklim yang tidak menentu. Curah hujan yang tinggi pada saat musim berbunga mangga, durian, rambutan, manggis dan duku menyebabkan gagalnya pembuahan, sehingga produksi mangga, durian, rambutan, manggis dan duku selama tahun 2017 menurun tajam.

 

 

-Budi/PSP-