(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

SOSIALISASI KEGIATAN PEREMAJAAN KELAPA DALAM KEGIATAN APBN TAHUN 2018

Admin distan | 26 September 2018 | 281 kali

Pada hari ini Rabu 25 September 2018 telah dilaksanakan sosialisasi kegiatan peremajaan kelapa dalam kegiatan APBN Tahun 2018 di Kabupaten Buleleng seluas 280 Ha. Untuk Kecamatan Tejakula dilaksanakan di 2 lokasi yaitu Balai Kelompok Tirta Lebah yang dihadiri oleh anggota Kelompok Tani Tirta Lebah dan Kelompok Lebah Madu sebanyak 40 orang, sedangkan lokasi pertemuan lainnya di kelompok Selonding Sari dihadiri Kelompok Selonding sari dan Bhuana Tirta Sari sebanyak 30 orang.

Pertemuan ini dihadiri oleh Kasi Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan dan Kasi Produksi Perkebunan beserta staf, Petugas Kecamatan Tejakula, Koordinator BPP Tejakula, PPL Wilbin Sambirenteng, POPT dan dari Desa Sambirenteng. Bantuan yang diterima kelompok adalah Pupuk NPK sebanyak 30 kg/ha, Bibit Kelapa 100 pohoh/ha, Hand Sprayer 2 unit/5 ha, Chainsaw 2 unit/25 ha, dan Herbisida 2 liter/ha.

Tujuan dari kegiatan ini adalah meremajakan tanaman kelapa yg tidak produktif karena umur tanaman tua, terserang penyakit dan hama sehingga tidak berproduksi maksimal, produksi tanaman yang rendah karena kualitas bibit yg rendah sehingga perlu diganti dengan bahan tanam yg baik/ bersertifikat. Benih sudah disiapkan dan akan disalurkan ke kelompok pada bulan November 2018 yg merupakan kerjasana antara Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bali bekerjasama dengan Balai Palma Menado.
Pertemuan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari pertemuan yang didahului dari sosialisasi oleh Provinsi sesuai dengan juklak dan juknis.

Setiawan (Perkebunan)