(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

SOSIALISASI KEGIATAN BUDIDAYA TANAMAN PERKEBUNAN

Admin distan | 11 Oktober 2018 | 498 kali

Kamis, 11 Oktober 2018 telah berlangsung kegiatan sosialisasi kegiatan budidaya tanaman perkebunan di BPP Gerokgak yang dihadiri oleh Kepala Bidang Perkebunan beserta staff, PPL BPP Gerokgak dan 30 petani yang diundang dalam sosialisasi ini.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada petani terkait cara budidaya kelapa genjah secara tepat sesuai dengan kondisi lahan kering yang ada di gerokgak selain itu juga terkait hama penyakit yang menyerang tanaman kelapa. Adapun saran dari Pak Ketut Sumantia bidang Perkebunan yakni menanam bibit kelapa dengan kedalaman 60 x 60 x 60 cm serta menambahkan Trichoderma sp. dan pupuk kandang saat penanaman untuk meminimalisir serangan OPT kelapa. Dan untuk menjaga kesuburan tanaman, setelah 3 bulan penanaman disarankan menambahkan seresah diatas gundukan tanah pohon kelapa.
Pada kegiatan budidaya tanaman perkebunan berupa kelapa genjah, gapoktan bina karya bakti musi, subak abian amerta yasa patas, subak abian tirta asem kembar patas dan subak abian urati penyabangan mendapat bantuan bibit kelapa genjah 500 bibit masing-masing kelompok.

Harapan dari Bapak Kabid Perkebunan dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan produksi kelapa di Gerokgak serta dapat meningkatkan keejahteraan petani, semoga bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin bagi petani.

 

(Riska/bpp gerokgak)