(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

sosialisasi kegiatan budidaya tanaman perkebunan

Admin distan | 19 Oktober 2018 | 288 kali

Kamis, 18 Oktober 2018 telah berlangsung kegiatan sosialisasi kegiatan budidaya tanaman perkebunan di 2 lokasi yakni di BPP Kubutambahan dan BPP Tejakula

Untuk di BPP Kubutambahan : Sosialiasi dibuka oleh Kepala BPP Kubutambahan, Bpk I Made Carma, SP. Sedangkan selaku nara sumber / pengisi materi diwakili oleh Penyuluh Pertanian Kabupaten Ketut Sumantia, SP. Beliau menyarankan jenis kelapa genjah apapun yg didapat (gading,gadang,bulan) artinya tidak seragam tetapi semua jenis genjah itu harus diterima dan ditanam dengan baik. Demi keberhasilannya sebelumnya buat lobang ukuran 40 x 40x50 cm.dengan jarak tanam 8x8 m atau 8x7 m, 7x7m, terus seminggu sebelum tanam isi pupuk kandang yg sudah isi Tricoderma untuk pencegahan penyakit sehingga aman sampai tua, Klp Tani Sarining Amerta Jati Desa Tamblang dan Subak Abian Tampul Sari Desa Tajun sangat bahagia menerima pengembangan Kelapa Genjah walaupun hanya menerima bibit 500 batang untuk satu kelompok hal itu dibuktikan dengan kehadiran anggota tanpa absen.
Produksi Kelapa Genjah bisa 3 tahun jika dipupuk dengan organik yg baik ,bisa berumur sampai 50 th.
Untuk BPP Tejakula dihadiri oleh Kepala Bidang Perkebunan, Kasi Produksi Perkebunan beserta staf, PLt Koordinator BPP Tejakula dan perwakilan 2 KWT/SA ( Subak Abian Sri Darma Tirta Desa Tejakula dan KWT Sekar Catu Desa Sambirenteng) yang diundang dalam sosialisasi ini masing masing kelompok 15 orang.
Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada petani tentang cara budidaya kelapa genjah secara tepat.
Dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan produksi kelapa, serta dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.
.

Setiawan (Perkebunan)