(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Sosialisasi kegiatan bidang perkebunan terkait bantuan apbd bll th 2018 berupa bibit kelapa genjah.

Admin distan | 10 Oktober 2018 | 189 kali

Tgl 10-10-2018
Sosialisasi kegiatan bidang perkebunan terkait bantuan apbd bll th 2018 berupa bibit kelapa genjah.

- Khusus wilbin Desa Bongancina untuk Bantuan APBD Buleleng tahun 2018 , lewat Usulan Musrenbang sebanyak 1.000 pohon kelapa genjah tahun ini di setujui sebanyak 500 pohon untuk SUBAK ABIAN PURA PENGHULU.
- Subak Abian Pura Penghulu berada di areal Bongancina Kaja (Tempek Kaja) , yang notabena berpenghasilan Buah-buahan seperti, Manggis,Durian,Duku, Kelapa dan lain sebagainya.
- Dengan disetujuinya permohonan Bibit Kelapa Genjah Sebanyak 500 pohon. Nanntinya akan dibagi merata ke masing-masing anggota subak dan disesuaikan dengan areal lahan anggota Subak Abian Pura Penghulu.
- Kelian Subak Abian Pura Penghulu Bpk "Gede Nuyasa" membenarkan akan disetujuinya bibit kelapa Genjah sebanyak 500 pohon yg telah dibicarakan juga dengan anggota Subak. Sebagai bahan pertimbangan pembagian bibit secara adil, bpk Gede Nuyasa sudah membicaraknnya secara umum di depan amggota subak.
- Mengenai cara penanaman dan lokasi yg tepat kelian subak menyerahkan sepenuhnya kepada PPL Wilbin (Made Radia & Harisca Rusmaedy) Bongancina untuk memberikan informasi/pengarahan mengenai cara penanaman Bibit Kelapa genjah , agar bisa mengjasilkan buah sesuai harapan masyarakat/anggota subak dan juga mengjindari bibit (mati/busuk/kerdil) setelah ditanam.
- Terkait pembinaan cara penanaman yg tepat PPL Wilbin masih Desa Bongancina Masih mencari Hari yg tepat untuk mengumpulkan Anggota Subak Abian Pura Penghulu. Dan juga mencari musim yg pas untuk mulai menanm, karena bulan Oktober ini, masih bel ada tanda-tanda akan turunnya Hujan di Wilayah Desa Bongancina maupun di Desa tetangga.


-Harisca Rusmaedy/BPP Busungbiu-