(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

SOSIALISASI INSEMINASI BUATAN (IB) PADA SAPI DI DESA NAGASEPAHA

Admin distan | 04 Oktober 2018 | 498 kali

Dalam rangka meningkatkan dan memasyarakatkan teknologi Inseminasi Buatan (IB) di masyarakat peternak untuk mendukung kegiatan program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) di Kabupaten Buleleng, maka Tim SPIB Kabupaten Buleleng melakukan kegiatan sosialisasi yang berlokasi di Kantor Perbekel Desa Nagasepaha. Sosialisasi dilakukan di Desa Nagasepaha karena perolehan hasi IB di Desa Nagasepaha masih sangat rendah, ini diakibatkan karena peternak masih banyak menggunakan pejantan sebagai pemacak.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Perbekel Desa Nahasepaha, Koordinator Petugas Pertanian Kecamatan Buleleng, Babinsa Desa Nahasepaha, Pengurus dan anggota Ternak, Simantri, Petugas IB dan PPL wilbin. Kegiatan ini berlangsung selama 3 jam dari Jam 10.00 Wita sampai 13.00 Wita.

Kabupaten Buleleng sudah diakui secara Nasional sebagai sumber bibit sapi, maka dalam sosialisasi ini diharapkan agar peternak lebih memilih untuk menggunakan Program Inseminasi Buatan (IB) dalam rangka mempercepat peningkatan populasi sapi.
Adapun keuntungan yang di dapat dari Inseminasi Buatan (IB) ini diantaranya :
1. Praktis ( peternak tidak perlu mencari sapi pejantan, cukup menghubungi Inseminator saja
2. Mencegah penularan penyakit
3. Memperbaiki kualitas keturunan sapi. Karena bibit (semen) yang digunakan sudah terjamin kualitasnya (sapi unggul)
Selain itu, Program ini tidak di pungut biaya sama sekali (Gratis)

 

PKH (Tiwi)