(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

SOSIALISASI BANTUAN HIBAH TERNAK SAPI KE KELOMPOK TANI TERNAK PUNCAK MANIK

Admin distan | 19 Oktober 2018 | 812 kali

Kamis 18 Oktober, telah dilaksanakan sosialisasi mengenai bantuan ibah ternak sapi yang dilaksanakan di Kelompok Tani Ternak Puncak Manik, Desa Banjar, Kec. Banjar, didampingi langsung oleh Koordinator BPP Banjar, PPL Wilayah Binaan, narasuber langsung dari Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Buleleng, beserta anggota kelompok penerima bantuan ibah.
 
Adapun sosialisai yang dipaparkan adalah, mengenai penerimaan ibah tersebut harus melalui beberapa tahapan, dimulai dari usulan petani melaui Musyawarah Tingkat Desa (MUSREMBANGDES), dilanjutkan ke Musyawarah Tingkat Kecamatan (MUSREMBANGCAM), menghasilkan suatu bantuan yang mengacu pada keperluan petani peternak yang ada di Desa Banjar yaitu kelompok tani ternak Puncak Manik. Dengan adanya bantuan tersebut petani harus memiliki aturan administrasi dalam kelompok dan harus melaporkan perkembangan bantuan yang diberikan melalui PPL Wilayah Binaan. Laporan yang didapat akan di kirim ke kabupaten dan nantiya akan di lihat pekembangan kelompok.


 
Beberapa layanan tentunya akan diberikan oleh pemerintah seperti program SIWAB (Sapi Indukan Wajib Bunting), IB (Insiminasi Buatan), dan yang paling terbaru saat ini adalah AUTS (Asuransi Ternak Sapi) dengan beberapa layanan dan kemudahan yang diberikan.
 
Diharapkan kelompok  Puncak Manik ini dapat meingkatkan hasil produksi, menjaga kesehatan hewan sapi dan dapat memaksimalkan pemeliharaan sapi, dimulai dari pemberian pakan dan juga pengolahan kotorannya.

 

Sada Wedantara_BPP Banjar