(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

SL (Sekolah Lapang) Penanaman Bibit Pisang Desa Kaliasem

Admin distan | 08 Oktober 2018 | 306 kali

Senin 8 Oktober 2018, dilaksanakan praktek langsung penanaman bibit pisang pada Sekolah Lapang yang dilaksanakan di areal Subak Enjung Sangiang Desa Kaliasem, Kec. Banjar, Buleleng dari kelompok Tani Pisang Tunas Pala Harapan dan di dampingi langsung oleh bapak Nyoman Sudrana selaku Koordinator BPP Banjar, petugas POPT oleh Ibuk Luh Suprami, PPL wilayah binaan Pasek Sada beserta anggota Kelompok 

Pelatihan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan pada proses penanaman benih, yaitu:

  1. Pembuatan lubang untuk penanaman bibit disesuaikan dengan dimensi yang dibutuhkan oleh tanaman.
  2. Pengisian pupuk kelubang tanam, pada pelatihan SL ini menggunakan pupuk Organik dan juga pupuk Tricoderma yang di campur pada lubang tanam secara merata.
  3. Penanaman bibit pisang dengan pengelupasan palstik polybag dan langsung ditaruh pada lubang tanam yang sudah terisi pupuk.
  4. Penutupan kembali lubang tanam dengan tanah dan diberikan/disirami air pada tanaman secukupnya.

Pelatihan penanaman bibit pisang berjalan dengan lancar disertai dengan antusiasme dari anggota kelompok, dan harapan untuk kedepannya agar tanaman tetap dirawat dan juga dapat menghasilkan buah yang sempurna dengan ilmu yang diberikan dari pelatih maupun pengetahuan yang lebih bagus di lapangan untuk perkembangan tanaman.

 

Sada Wedantara_BPP Banjar