(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

SL Durian Desa Kayuputih

Admin distan | 19 November 2018 | 177 kali

SL (Sekolah Lapang) Durian Desa Kayuputih dengan pelaksana kegiatan langsung dari Tim Kabupaten, dibuka langsung oleh Koordinator BPP Banjar dengan di dampingi oleh PPL wilayah Binaan, yang dilaksanakan pada hari senin, 19 November 2018 berlokasikan di Balai Banjar Pakraman Tabog, Desa Kayuputih.

Proyek pelaksanaan SL (Sekolah Lapang) ini merupakan pelaksanaan dari usulan Musrembang Kecamatan yang mengacu untuk Desa Kayuputih dalam pengadaan pelatihan pada tanaman Durian. Dalam pelatihan ini akan diberikan beberapa kegiatan pelatihan dengan lima kali pertemuan. Dari pelatihan tersebut akan diberikan beberapa bantuan kepada petani seperti tanaman durian farietas OTONG/KANE, ATK, konsumsi, uang transport dan beberapa tambahan bantuan perawatan tanaman.

Pada proses kegiatan SL akan diajarkan bagaimana cara menanam, merawat, dan menjaga tanaman dari serangan hama penyakit. Dilihat situasi sekarang dengan beberapa serangan penyakit pada tanaman sangat peting diadakan pelatihan ini, selain menggunakan obat yang di beli di toko juga bisa dibuat oleh petani dengan menggunakan fermentasi dari bahan sampah organik di sekitar kita (POC). Sehingga dalam pemupukan tanaman tidak mesti harus membeli pupuk di toko yang belum tentu juga dapat menghilangkan penyakit tersebut.

Dari pelaksanaan SL ini diharapkan petani yang ikut pelatihan bisa memberikan ilmu tersebut minimal kepada tetangga di sekitar rumah masing-masing dan dapat meningkatkan produktifitas pertanian.

Sada Wedantara_BPP Banjar