(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Rapat Mingguan dan Pelatihan (PHT) Pengendalian Hama Terpadu

Admin distan | 20 September 2018 | 472 kali

Senin 17 September 2018, kegiatan bertepatan di ruang rapat kantor BPP Banjar, Kecamatan Banjar dilaksanakan rapat mingguan dan pelatihan (PHT) mengingat banyaknya serangan hama di wilayah pertanian Kec. Banjar. Kegiatan ini dihadiri semua PPL, Mantri Tani, POPT, Petugas Adminsitrasi, Dokter Hewan, dan langsung di moderatori oleh Koordinator BPP Banjar I Nyoman Sudrana.

Materi diskusi di sampaikan dari kegiatan yang akan dilaksanakan dalam satu minggu kedepan diantaranya, Korrdinator memberikan arahan bahwa akan ada pertemuan pembahasan CPCL padi di BPP Buleleng, pembinaan HKG PKK di Desa Gesing, penilaian Simantri, Sosialisasi UPJA, dan ada beberapa kegiatan tambahan yang akan di targetkan rampung dalam sepekan ini. Kordinator membagi-bagi tugas pada setiap PPL untuk menghadiri kegiatan, dikarenakan hampir semua kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari yang sama.

Selain penyampaian itu, Koordinator juga mengarahkan pada setiap PPL mengecek pelaporan ALSINTAN di masing-masing wilayah binaan, pencarian data LP2B agar secepatnya rampung, dan juga pembuatan PROGRAMA dari setiap desa binaan.

Dilanjutkan arahan dari mantri tani BPP Banjar bapak Naya, bahwa pelaporan pengolahan tanah harus dilaporkan sebelum penanaman tanaman, selain itu juga diberitahukan bahwa RDKK pengamprahan masih banyak ada pupuk subsidi di sesuaikan dengan luas lahan pertanian dan delengkapi dengan waktu pemakaian pupuk beserta jumlah penggunaan pupuk.

Selain tu dilajutkan dari dokter hewan BPP Banjar bapak Wirawan menginformasikan bahwa ada beberapak kasus gigitan di Desa Banjar sebanyak 2 kasus, dan hewan/anjing penggigit sebelumnya sudah pernah di vaksinasi. Selain itu juga di infokan, sudah melaksanakan eliminasi anjing sebanyak 17 ekor. Arahan langsung dari bapak dokter, sekecil apapun gigitan yang di temukan di lapangan harus di laporkan, supaya secepatnya diberikan penanganan.

Untuk pelatihan (PHT) langsung di berikan oleh petugas POPT ibuk Luh Suprami, menjelaskan perbedaan hama dengan musuh alami, mulai dari segi warna, bentuk, habitat, dan masih banyak materi yang diberikan oleh beliau. Perlunya praktik langsung ke lapangan untuk mengidentifikasi dan meyakinkan agar benar-benar tau perbedaannya.

Sada Wedantara/BPP Banjar