(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Rapat koordinasi tim pembina Pengendalian Kanker Terpadu Paripurna di Kantor Camat Busungbiu

Admin distan | 03 Oktober 2018 | 237 kali

Tgl 02. Oktober 2018, Rapat koordinasi tim pembina Pengendalian Kanker Terpadu Paripurna di Kantor Camat Busungbiu Kab. Bll, dihadiri oleh seluruh staff Kantor camat, Dinas kesehatan Kbupaten Buleleng sebagai narasumber. dalam hal ini Ko'ordinator BPP Busungbiu wajib ikut serta dalam penggerak PKK Desa Busungbiu dan mensukseskan agenda dari pemerintah provinsi bali dalam penanganan kangker di kalangan Masyarakat Remaja, Dewasa dan Lansia di seluruh Kecamatan busungbiu.

*Tujuan utama penyuluhan tentang kangker ialah mengenali gejala awal kangker seperti :
1. Perubahan pada Kulit

Kanker kulit dapat ditandai dengan adanya perubahan pada ukuran, warna, dan bentuk tahi lalat atau permukaan kulit lain. Perubahan-perubahan tersebut dapat berupa:

Pertumbuhan rambut yang berlebihan.
Hiperpigmentasi atau warna kulit menjadi lebih gelap.
Kulit dan mata menjadi kekuningan.
Eriterma atau kulit berwarna kemerahan.
Gatal-gatal.
Kulit memar tanpa sebab yang jelas.
2. Perubahan pada Payudara

Perubahan di bawah ini tidak hanya terjadi pada wanita, tapi juga dapat terjadi pada payudara pria. Sekitar satu persen kanker payudara juga dapat terjadi pada pria dengan gejala yang serupa, yaitu dimulai dengan adanya benjolan pada payudara. Selain itu, gejala lain yang mungkin timbul adalah:

Puting yang melesak.
Kulit payudara berkerut atau kemerahan.
Adanya cairan yang keluar dari puting.
Untuk memeriksakan diri lebih lanjut, kamu dapat meminta pemeriksaan fisik oleh dokter dan tes mamogram di rumah sakit terdekat.
3. Perut Kembung

Perut kembung yang terasa terus-menerus diiringi perdarahan dari vagina atau penurunan berat badan secara signifikan bisa jadi merupakan tanda adanya kanker ovarium. Tes darah, pemeriksaan panggul, atau USG diperlukan untuk mendeteksi kemungkinan tersebut.
4. Rasa Sakit saat Menelan

Rasa sakit saat menelan makanan merupakan hal biasa terutama jika kamu sedang batuk, tetapi kanker tenggorokan ataupun kanker perut juga memiliki gejala serupa, terutama jika disertai muntah atau penurunan berat badan. Suara yang berubah menjadi serak dalam jangka panjang juga harus diwaspadai.
5. Berat Badan Turun secara Drastis

Penurunan berat badan hingga 4,5 kilogram atau lebih dalam waktu singkat tanpa sebab yang jelas dapat menjadi salah satu pertanda yang patut diwaspadai. Kanker pankreas, kanker perut, dan kanker paru-paru timbul dengan gejala awal berupa penurunan berat badan secara drastis tanpa usaha apa pun.
#Demikian sedikit kesimpulan yg bisa diambil dalam rapat kordinasi tim pembina Pengendalian Kanker Terpadu Paripurna di Kantor Camat Busungbiu Kab. Bll,
#Dengan harapan Kecamatan Busungbiu di tahun 2025 bisa menekan penyakit kangker yg berbahaya tersebut.


Harisca Rumaedy/BPP Busungbiu