(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Praktek Pengamatan Susut Panen Kering, Pipil Tanaman Kedelai di Desa Kaliasem

Admin distan | 13 November 2018 | 365 kali

Selasa, 13 November 2018 telah dilaksanakan kegiatan perontokan kedelai mencari susut kering pipil kedelai di Subak Enjung Sangiang dibuka langsung oleh Koordinator BPP Banjar disertai dengan arahan dari tim kabupaten dengan langsung dimentori oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan Bapak I Gede Suadnyana, SP, MMA ikut praktek perontokan kedelai.

Kegiatan panen susut kering pipil kedelai melibatkan beberapa petani kedelai di Desa Kaliasem dengan tujuan, untuk lebih memahami cara tanam maupun perawatan tanaman kedelai yang benar. Sebagian besar petani di Desa Kaliasem untuk penanaman benih kedelai lebih banyak memilih dengan cara tebar langsung tanpa pengolahan tanah. Hal ini tentunya menyebakan pertumbuhan tanaman kedelai kurang maksimal.

Penanaman kedelai secara tebar langsung membuat rumpun tanaman tidak seragam, ada yang terlalu mepet dan juga ada yang terlalu longgar. Hal ini juga mempengaruhi pertumbuhan tanaman, dengan kebutuhan nutrisi yang tidak merata dan juga kurang maksimalnya penggunaan lahan.

Tentunya dari hasil kegiatan panen kedelai susut kering ini dapat memeberikan pemahaman lebih kepada petani, dan dapat meningkatkan populasi tanaman kedelai untuk persediaan stok kebutuhan pasokan untuk konsumen.

Sada wedantara/BPP Banjar