(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PRAKTEK PENGAMATAN SUSUT HASIL PANEN RONTOK, KERING DAN GILING

Admin distan | 20 September 2018 | 704 kali

 

Pengamatan susut produksi padi/looses panen padi di Subak Sambangan, tanggal 19 September 2018, yang dihadiri oleh Ibu Ir. Made Lely Nurhayati Kepala Bidang Penyuluhan yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Bapak Ir. Nyoman Liper Selaku Balai Pengawasan Serifikasi Benih Provinsi Bali. Kasi Pengolahan dan Pemasaran Tanaman Pangan Bapak Madiono, SP., Kasi Perbenihan dan Perlindungan Tanaman Pangan Bapak Putu Naya, Penyuluh Pertanian Madya Ibu Ir. Putu Suastini, M.Si., dan petugas penyuluh se-Kecamatan Sukasada serta Para undangan Kelian subak dan Anggota Subak di Subak Sambangan.

Pengamatan Kegiatan penanganan pasca panen padi dari panen sampai menjadi beras dilakukan dengan menggunakan 3 alat panen Combine Harvester, Power Threser, dan Gebot untuk mengetahui susut panen padi dengan membandingkan persentase kehilangan hasil pada setiap proses, juga mengamati secara nyata rendemen gabah yang dihasilkan.

Kegiatan ini dilakukan langsung oleh semua anggota subak di Desa Sambangan, Desa Panji, Desa Panjianom, dan sekitarnya sebanyak 100 orang, dibimbing oleh Penyuluh Kabupaten dan Kecamatan. Rangkaian kegiatan terdiri dari pengamatan proses pemotongan padi, penumpukan, perontokan, penjemuran dan penggilingan gabah, dengan jumlah petak yang diambil masing-masing 3 petak dengan luas 2 are untuk 3 jenis alat panen, sebagai areal percontohan.

-Mang Arta/Bidang Tanaman Pangan-