(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PRAKTEK PENGAMATAN SUSUT HASIL PANEN, KERING, PIPIL TANAMAN JAGUNG. DI SUBAK MERTA SARI DANGIN TUKAD, DESA PATAS KECAMATAN GEROKGAK.

Admin distan | 22 Oktober 2018 | 2369 kali

Jumat 12 Oktober. Pembinaan Pengamatan Susut Hasil Panen, Kering, Pipil Tanaman jagung yang dihadiri oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan, Kasi Pengolahan dan Pemasaran Bidang Tanaman Pangan, BPSB Provinsi Bali, PP Madya Dinas Pertanian, Koordinator Petugas Kecamatan Gerokgak, PPL Wilbin se-Kecamatan Gerokgak, serta undangan para anggota Subak sebanyak sebanyak 50 orang.
Pelaksanaan Praktek Pengamatan susut hasil Panen ini terkait dengan rendemen yang terkait pada Tanaman Jagung Hibrida 18 dan hasil yang agak kecil karena kekurangan air dalam peruntukannya.

Susut hasil pada tanaman jagung di biat 3 Petak dengan masing - masing Petak ukuran 10 x 20 meter, dalam 1 Petak digunakan untuk pelaksanaan secara manual dan 2 Petak digunakan dengan Alsintan Corn Seller ( alat perontok jagung )
Setelah jagung dirontokan masing - masing sesuai perlakuannya baik manual maupun dengan Corn Seller, lalu ditimbang kembali.

Dan dari hasil penimbangan di masukan ke dalam karung dihitung perbedaan hasil untuk mendapatkan hasil Susut Panen Tanaman Jagung dan membuat laporan hasil yang sesuai dengan pengamatan.

 

-Mang Arta/TP-