(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Penyuluhan Penggunaan Website Pada Petugas Pertanian di Kabupaten Buleleng

Admin distan | 20 September 2018 | 473 kali

Kantor BPP Sukasada Selasa 18 September 2018, dilaksanakan penyuluhan langsung dari provinsi membahas tentang pengimputan data di beberapa website yang dimiliki oleh Dinas Pertanian Indonesia, langsung dipaparkan oleh bapak Putu Mahadma Putra.

Beberapa website yang disediakan pemerintah dan harus diketahui oleh petugas petani/PPL perlu di sosialisasikan langsung, karena ada beberapa kabupaten di bali masih ada yang belum tau tentang tatacara penggunaan maupun pengimputan data di website tersebut. Diharapkan kedepannya petugas petani di masing-masing kabupaten dapat meng exsplor data yang berpotensi dari setiap daerah untuk di ketahui orang banyak.

Adapun paparan materi yang diberikan oleh penyuluh provinsi yang pertama mengenai Siluhtan.  Pada paparanya menjelaskan bahwa data siluhtan dari kabupaten khususnya mengenai (SL) Sekolah Lapang masih belum ter input dikarenakan belangko yang disediakan oleh sistem tidak sesuai dengan belangko yang ada di kabupaten. Perlunya kordinasi yang  lebih baik agar data yang dibuat lebih akurat.

Yang kedua mengenai Cyber Xtention, mengulas kembali tatacara peng imputan data dari layanan yang ada di website seperti penggunaan layanan gerbang daerah untuk pembuatan khusu berita, sedangkan spesifik lokalita untuk artikel ilmiyah yang dapat digagas dari setiap petugas pertanian. Peng imputan data di website ini juga dapat membantu kenaikan angka kredit bagi pegawai PNS dan juga mendapatkan sedikit uang untuk pengerjaannya.

Yang ketiga mengnai PUSLUH, yang merupakan website baru digunakan untuk penginputan data CPCL, (SL) Sekolah Lapang beserta penyuluh suwadaya, peningkatan kelas kelompok yang diperlukan oleh PPL penerima BOP dan juga beberapa link yang dapat membatu penginputan data agar lebih akurat.

Penggunaan website baru ini masih dikembangkan terus oleh pemerintah agar lebih sempurna dan harapannya supaya petugas petani mampu menginput data sedetail mungkin yang ada dilapangan.

Sada Wedantara/BPP Banjar.