(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PENUMBUHAN KELOMPOK TANI ALAS PUNGGANG DI DESA KALIASEM, BULELENG

Admin distan | 04 September 2018 | 340 kali

Antusias petani Banjar Dinas Punggang tempek dauh tukad untuk mendirikan kelompok, senin, 3 September 2018, salah seorang anggotanya dating ke BPP Banjar untuk hadir dalam membimbing warga nya untuk membentuk kelompok tani. Permohonan tersebut ditujukan kepada Balai Penyuluhan Pertanian agar hadir nanti untuk membimbing dalam acara penumbuhan kelompok tani.

Koordinator Penyuluh Pertanian bersama Penyuluh wilbin, dating sekaligus bersama Penyuluh Pertanian Swadaya tahun 2015 melaksanakan bimbingan kelokasi Banjar Punggang Desa Kaliasem yang dihadiri 23 orang anggota.  Dari informasi yang diperoleh, ternyata petani telah pernah  didampingi oleh dinas kehutanan tahun 2005, dan sampai saat ini kelompok tidak mendapat pendampingan. Untuk meningkatkan dinamika kelompok  diwajibkan untuk diregestrasi melalui Sistem managemen Penyuluhan Pertanian (simluhtan) melalui  website Kementrian Pertanian.

Nama kelompok yang ditumbuhkan adalah Kelompok Tani Alas Punggang dengan jumlah anggota sebanyak 23 orang, Ketua Kelompok Wayan Darmayasa, sekretaris Nengah Sentanayasa, dan Bendahara Wayan Merta.

Kelompok ini dengan komoditas unggulan adalah jagung, peternakan sapi , mangga, pisang  dan jeruk. Kelompok diharapkan memiliki administrasi, secretariat, anggaran dasar dan anggaran runah tangga, pertemuan rutin secara kontinyu setiap bulan. Dalam arahannya Koordinator  BPP  agar kelompok Alas Punggang ini,  dapat berfungsi sebagai wahana kerjasama, sebagai kelas belajar, mampu sebagai sebuah unit produksi dan dapat bekerjasama dengan pihak lain, seperti pengusaha, perbankan atau kelompok lain yang berkaitan dengan kemandirian dalam mengembangkan usaha.  Penyuluh Swadaya Kaliasem Gede Argita, memberikan semangat agar kelompok ini bukan saja dibentuk, namun agar dapat berkembang membentuk usaha, baik usaha dibidang Peternakan maupun usaha Pertanian lainnya dan kelompok dapat memberikan manfaat maksimal, bukan hanya ditumbuhkan saja. Penyuluh Pertanian Wilbin Kaliasem, memberikan bimbingan tentang pembukuan kelompok, pembukuan keuangan dan administrasi kegiatan serta Rencana Kerja jangka pendek dan jangka panjang.

Setelah terbentuknya kelompok tani Alas Punggang, senantiasa akan dilakukan bimbingan oleh Penyusluh saat sangkepan rutin kelompok yaitu setiap hari Rabu Umanis.

(Pasek Made Sada Wedantara S.TP)