(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PENINGKATAN KAPASITAS BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) KECAMATAN BANJAR

Admin distan | 04 September 2018 | 1872 kali

Sejalan dengan upaya pemerintah untuk mencapai Visi  Kementrian Pertanian yakni Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani, di tingkat BPP dilakukan berbagai  kegiatan diantaranya, Penguatan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan. Kecamatan Banjar memiliki 17 Desa Administrasi dan terdapat 14 Wilayah Binaan Penyuluh (Wilbin) Setiap wilbin dibina oleh seorang Penyuluh Pertanian.

Untuk meningkatkan kapasitas Balai Penyuluhan Pertanian diantaranya dilaksanakan Rembug Tani Desa, pelaksanaan Demplot untuk pembelajaran petani melalui Sekolah Lapang (SL) dilakukan di 5 wilbin, yaitu Wilbin Kaliasem, Wilbin Temukus, wilbin Banjar, wilbin Kayuputih dan wilbin Munduk. Pelaksanaan Sekolah Lapang dimulai Bulan Juni 2018 dan berakhir di Bulan Desember tahun 2018.

Rembug tani desa dilakukan disetiap wilbin, didampingi oleh Penyuluh Pertanian, dan melibatkan pengurus kelompok tani yang mewakili kelompoknya. Hasil rembug digunakan sebagai dasar penyusunan Programa tingkat Desa yang sudah dipersiapkan mulai bulan april tahun 2018 untuk penyusunan programa tahun 2019. Demikian juga rembug desa dipakai acuan dalam penyusunan Rencana Definitif Kelompok  (RDK) dalam menyusun rencana penggunaan pupuk dalam satu tahun.

Untuk meningkatkan kapasitas petani dilaksanakan demplot serta diikuti dengan pembelajaran melalui Sekolah Lapang, Di BPP Banjar ada lima sekolah lapang, mewakili semua kecamatan. Pelaksanaan Sekolah Lapang dilakukan sebanyak tiga kali. Tergantung kesepakatan peserta Sekolah Lapang. Media pembelajaran dilaksanakan padda Laboratorium Lapangan berupa Demplot seluas satu Hektar.

Sebagai akhir Demplot dilakukan Farm Field day (FFD0 dengan menghadirkan petani  perwakilan masing masing kelompak di wilayah Binaan. Dalam FFD akan disampaikan hasil yang diperoleh pada lahan demplot, untuk  dilakukan evaluasi, Pada saat FFD juga dihadirkan Pengamat  Organisme pengganggu tanaman (POPT) yang bertugas di Kecamatan Banjar untuk ikut mendampingi sekaligus sebagai Nara Sumber.  Pembina Kabupaten dan Koordinator Penyuluh Pertanian BPP Banjar, sekaligus memberikan bimbingan dan supervise kegiatan.

Dana Penguatan Kapasitas Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Banjar dibiayai dari dana APBN melalui kementrian Pertanian. (Pasek Made Sada Wedantara S.TP)