(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Penilaian Lomba PKTP Tingkat Provinsi Bali

Admin distan | 15 November 2018 | 226 kali

Kanker merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada haringan tubuh manusia. Dalam tubuh manusia ada banyak sel kanker, sel-sel ini dapat tumbuh atau mati secara alamiah tergantung pola hidup manusia. Kanker dapat tumbuh dari bagian manapun pada manusia, seperti payudara, otak, kulit, dan masih banyak lagi. Adapun gejala atau tanda-tanda munculnya kanker yaitu ;
a. Muncul benjolan yang tidak lazim, biasa gejala ini muncul pada kanker payudara.
b. Perubahan pada kulit seperti warna tahi lalat yang tidak seperti pada umumnya, hal ini bisa terjadi karena adanya gejala kanker kulit.
c. Masalah pada kelenjar getah bening.
d. Berat badan turun tanpa sebab.
e. Batuk atau sesak yang berkepanjangan.
f. Rasa sakit tanpa sebab
g. Pendarahan tidak norma.

Penyebab munculnya kanker ada 2 faktor yaitu fak internal dan faktor eksternal. Faktor internal bisa jadi karena keturunan dari orangtua atau keluarga lainnya, sedangkan faktor eksternal terjadi karena virus, hormon, pola hidup.

Pada kesempatan kali ini SMP Negeri 4 Busungbiu berkesempatan mewakili Kabupaten Buleleng melaju ke tingkat Provinsi Bali untuk lomba PKTP (Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna) dan bersanding dengan SD Temukus. Rabu, 14 November 2018 merupakan hari pebilain PKTP yang berlokasi di SMP Negeri 4 Busungbiu. Pada hari berbahagia ini turut hadir Bapak Bupati Buleleng I Putu Agus Suradnyana., ST dan Ketua YKI Bali Ibu Ni Putu Putri Suastini Koster, serta hadir pula Sekdistan I Wayan Narta., S.Pt, MM.

Pada penilaian yang berlangsung dari jam 10 pagi hingga jam 2 sore ini menilai bagaimana siswa dapat mencegah kanker, simulasi kanker, dan beberapa pengobatan. Penilaian dimulai dari penilaian yoga dari SD Temukus, dilanjutkan lagi lomba paduan suara dari SD Temukus dan SMP Negeri 4 Busungbiu, serta dilanjutkan dengan penilaian dari masing-masing pokja seperti pokja tos, pokja koor, pokja sanitasi, pokja simulasi, dan pokja lainnya.

 

Ni Ketut Gayatri Ade Pratiwi AD., SP/BPP Busungbiu