(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PENGUKUHAN KELOMPOK PEMUDA TANI REMAJA MANDIRI BALI

Admin distan | 05 November 2018 | 1038 kali

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bali, Ir Ida Bagus Wisnu Wardana M Si, Hari Sabtu tanggal 3 Nopember 2018 mengukuhkan Kelompok Pemuda Tani “ Remaja Mandiri Bali “ sekaligus memberikan arahan kepada Pengurus dan anggota yang bertempat di Wantilan Balai Banjar Dinas Tamblingan Desa Munduk Kecamatan Banjar Buleleng.

Dalam arahan yang disampaikan dihadapan anggota kelompok dan undangan yang hadir, Kepala Dinas menyampaikan rasa bangga dan ucapan terima kasih kepada para remaja yang telah tergabung dalam satu ikatan kelompok tani. Saat ini lanjut kepala Dinas Pertanian sector Pertanian kurang peminat bagi pemuda terutama petani dilahan sawah, namun demikian peminat remaja dibidang perkebunan, hortikultura cukup baik. Demikian pula para petani mengharapkan putra dan putrinya agar dapat bekerja bukan sebagai petani, baik dipariwisata, pegawai atau perusahaan.

Undangan yang mendampingi acara pengukuhan kelompok Pemuda Tani Remaja Mandiri Bali diantaranya Kelompok Tani Ternak Satwa Buana, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Banjar, Mantri Tani Kecamatan Banjar, Penyuluh Wilbin Munduk, Kepala Desa Munduk, kepala Sekolah SMK Pertanian Petang dan tokoh masyarakat Desa Munduk, Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian Kabupaten Buleleng, dan camat Banjar.

Sambutan yang disampaikan camat Banjar, mengharapkan agar ditumbuhkan kelompok pemuda Tani yang tumbuh di Desa, karena saat ini untuk menumbuhkan kelompok pemuda sebanyak 20 orang dis atu tempat masih sangat sulit. Camat Banjar sangat mendukung terbentuknya wadah kelompok pemuda sebagai pelopor penggerak generasi muda yang saat ini kurang berminat menjadi petani.

Ketua kelompok pemuda tani yang dikukuhkan dipimpin oleh Putu Edi, mantan lulusan sekolah Menengah Kejuruan Negeri Petang mengajak teman-temannya yang berminat bergabung untuk membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi petani terutama dengan tegnologi terbaru saat ini. Kelompok akan senantiasa memberikan contoh dan teladan berupa demplot dilokasi Banjar Dinas Tamblingan.

Setelah selesai acara pengukuhan para undangan dan Kepala Dinas melakukan panen cabai usaha kelompok Pemuda Tani Mandiri Bali, dekat dengan danau tamblingan Desa Munduk Kecamatan Banjar.

 

 

Sada/BPP Banjar