(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PENGOLAHAN LAHAN PADI GOGO

Admin distan | 12 November 2018 | 1148 kali

Jumat, 9 Nopember 2018 telah dilakukan pengolahan lahan untuk pertanaman padi gogo di Desa Patas.
Padi gogo adalah jenis padi yang masih satu genus dengan padi sri. Berbeda dengan padi sri yang ditanam di lahan sawah yang tergenang air, padi gogo ditanam di lahan kering. Padi gogo memerlukan air sepanjang pertumbuhannya dan kebutuhan air tersebut hanya mengandalkan curah hujan.

Padi gogo harus dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, sehingga jenis tidak begitu berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil padi gogo. Sedangkan yang lebih berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil adalah sifat fisik, kimia dan biologi tanah atau dengan kata lain kesuburannya.
Pengolahan tanah untuk pertanaman padi gogo dimulai sebelum atau menjelang musim penghujan. Pengolahan tanah dilakukan sesuai kondisi lahan.

Pada prinsipnya pengolahan tanah dilakukan untuk menciptakan kondisi yang optimal bagi pertumbuhan tanaman, yaitu menciptakan keseimbangan antara padatan, aerasi dan kelembaban tanah.
Dengan adanya pengolahan lahan pertanaman padi gogo diharapkan hasil panen yang diperoleh lebih baik dan dapat meningkatkan ketersediaan kebutuhan beras di Gerokgak khususnya.

 

(Riska/bpp gerokgak)