(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PENGEMBANGAN PENERAPAN TEKNOLOGI PASCA PANEN TANAMAN PERTANIAN. PEMBINAAN PENERAPAN TEKNOLOGI PASCA PANEN (COMBINE HARVESTER). DI SUBAK MAYUNGAN PITU DESA SUDAJI KECAMATAN SAWAN.

Admin distan | 18 September 2018 | 463 kali

Subak Mayungan Pitu yang berlokasi di Desa Sudaji, Kecamatan Sawan. Pada hari ini senin tanggal 17 September 2018 melaksanakan panen menggunakan alat Combine Harvester. Demonstrasi dengan Alat Pasca Panen Padi (Combine Harvester) ini bertujuan untuk meningkatkan efesiensi dan menekan Losess atau kehilangan hasil pada saat panen sehingga dapat mengamankan produksi padi.

Demonstrasi combine harvester dihadiri langsung oleh :
- Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng bersama Kepala Bidang Tanaman Pangan, Kasi Produksi Tanaman Pangan, Kasi Pengolahan dan Pemasaran Tanaman Pangan.
- Koordinator Petugas Kecamatan, PPL (Petugas Penyuluh Lapangan), Mantri Tani di Kecamatan Sawan, serta Kelian Subak dan Anggota Subak Mayungan Pitu.

Acara yang dipimpin langsung Oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng. Bapak Ir. Nyoman Genep, dengan menyampaikan arahan kepada para petani di Subak Mayungan Pitu, agar tidak lagi mengeluh sebagai petani dan mengedepankan program semangat untuk lebih maju. "Misalnya petani yang memiliki padi untuk menahan sendiri, kemudian dijemur lalu diolah menjadi beras, setelah diproses lalu dijual, maka dari situlah keuntungan kita sebagai petani."

Bapak Ir. Nyoman Genep, MT., juga memberikan pengarahan tentang alsintan khususnya Alat Mesin Panen Tanaman Padi (Combine Harvester) yaitu tata cara pemeliharaannya, pemakaian penggunaan alsintan Combine Harvester dan cara bagaimana mengoperasikan alsintan secara langsung pada lahan pertanian. Demonstrasi Combine Harvester dioperasikan oleh Petugas Staf Operator Eskafator (Wayan Restama) dari Dinas Pertanian di Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Kabupaten Buleleng.

Selanjutnya dalam demonstrasi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng Bapak Ir. Nyoman Genep, MT., ikut serta turun langsung untuk mencoba dan mengoperasikan mesin Combine Harvester.

Harapan dari Tim Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng yaitu menyarankan kepada para petani di Subak Mayungan Pitu untuk membentuk suatu kelompok UPJA (Usaha Pelayanan Jasa Alsintan), sehingga nantinya keinginan dari Subak Mayungan Pitu bisa memiliki alat Combine Harvester akan terwujud, dengan cara mengajukan Proposal Bantuan Alsintan Pasca Panen (Combine Harvester).

 

-Mang Arta/TP-