(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

pengambilan data ubinan pada demplot budidaya jagung di kelompok tani putra harapan kita

Admin distan | 08 Oktober 2018 | 347 kali

Kegiatan pengambilan data ubinan pada demplot budidaya jagung hibrida bisi-2 di kelompok tani putra harapan kita desa sanggalangit kec gerokgak, Senin 8 Oktober 2018. Sesuai pengambilan data ubinan dilanjutkan dengan acara temu lapang tani yang diikuti oleh seluruh anggota kelompok, PPL. POPT, mantri tani, babinsa, dengan narasumber kabid penyuluhan dan kasi metode dan informasi.

Dari data ubinan setelah dokonversi diperoleh data produktivitas pada perlakuan dengan olah tanah dan dibumbun sebesar 11,2 ton pipilan krg/ha sedangkan untuk perlakuan tanpa olah tanah tapi dibumbun sebesar 9,9 ton/ha dan yang tanpa olah yanah dan tanpa dibumbun sebesar 6,05 ton/ha pipil kering/ha.

Angka tersebut diatas belum bisa dipakai acuan untuk rekomendasi mengingat belum diadakan analisa usahatani akan tetapi secara sepintas tampak bahwa produktivitas jagung bisi2 akan leboh besar jika diberikan perlakuan yang memadai seperti pengolahan tanah, pemupukan berimbang, dan pengendalian OPT yang benar. temu lapang mendapat respon positif dari anggota.

 

-Era/Penyuluhan-