(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pengamatan OPT di Subak Gede Padangbulia

Admin distan | 12 November 2018 | 295 kali

Pengendalian hama tanaman mempunyai peran penting dalam upaya peningkatan produksi pertanian. Salah satu upaya pengendalian hama dan penyakit tumbuhan dengan metode pengendalian tanaman yang dikenal dengan sistem Pengendalian Hama Terpadu (PHT). Pengendalian Hama Terpadu merupakan metode yang memadukan dari berbagai teknik pengendalian dalam suatu rencana. Adapun cara pengendaliannya antara lain melalui cara fisik, mekanik, budidaya, biologi, kimiawi, dan cara lain sesuai perkembangan teknologi.

Subak Gede Padangbulia merupakan salah satu subak yang terdapat di Desa Padangbulia Kecamatan Sukasada, dimana subak ini merupakan Demplot SALIBU di Buleleng. Pada hari Senin tanggal 12 November 2018 dilakukan pengecekan Organisme Pengganggu Tanaman di lokasi demplot SALIBU yang berumur 6-7 minggu yang dilakukan oleh POPT kecamatan Sukasada dan juga PPL Desa Padangbulia. OPT yang ditemukan adalah hama beluk.

Beluk merupakan salah satu hama padi yang dapat mengakibatkan kehilangan hasil cukup tinggi, serangan hama ini dapat dengan mudah diketahui karena memiliki ciri - ciri tanda mati atau keringnya daun padi.

Dewa Arimbawa/ BPP Sukasada