(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PENCATATAN DATA CURAH HUJAN BMG / ITENSITAS CURAH HUJAN DI KEC. SUKASADA

Admin distan | 19 November 2018 | 789 kali

Secara Geografis Bali terletak pada 08' 03' 40'' Lintang Selatan ; 114' 25' 59'' Bujur Timur; sebelah Utara berbatasan dengan laut jawa, sebelah timur berbatasan dengan Pulau Lombok, samudera Indonesia di selatan dan Pulau Jawa di sebelah Barat.

Pulau Bali yang di kelilingi oleh laut memiliki topografi yang bervariasi, umumnya bagian pinggir merupakan dataran rendah/pantai sedangkan bagian tengah memiliki topografi yang lebih tinggi dengan beberapa perbukitan dan pegunungan, kondisi ini merupakan faktor lokal yang dapat mempengaruhi kondisi cuaca dan iklim setempat.

Analisis dan prakiraan Hujan setiap bulannya di dasarkan atas pantauan data curah hujan yang berada pada pos-pos hujan utama yang tersebar di 15 ZOM ( Zona Nusin) Propinsi Bali. Pengamatan curah hujan dilakukan dengan menggunakan penakar hujan (biasa / obs dan otomatis) serta diukur dalam satuan milimeter (mm) (sumber;Buletin Iklim Edisi Oktober 2018.BMKG, Hal-6).

Pencatatan intensitas curah hujan ini dilakukan oleh petugas POPT Kec. Sukasada setiap hari khususnya pada waktu musim hujan dengan menggunakan gelas ukur kemudian data yang sudah di peroleh akan dicatat sebagai data bulanan dan dikirim ke petugas BMKG. tujuan dari pencatatan intesitas curah hujan ini, agar dapat mengetahuai berapa besar itensitas curah hujan khususnya di Kec. Sukasada dan sekitarnya.

Dari data Buletin Iklim Edisi Okrober 2018 di Bulan November, hal-41,. prakiraan curah hujan di bulan November 2018 di Kab. Bulelelng khususnya di Kec. Sukasada di perkiraan curah hujan 51-100 mm( sebagian Sukasada) artinya intesitas curah hujan masuk ke zona menengah dan untuk data bulan Desember 2018 itensitasnya 151-200mm masuk ke zona menengah.

 

Dewa POPT/ Kec. Sukasada