(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PEMERIKSAAN GANGREP

Admin distan | 05 November 2018 | 403 kali

Jumat, 2 Nopember 2018 telah dilaksanakan kegiatan pemeriksaan gangrep (gangguan reproduksi) pada sapi di Simantri 640 Kelompokt Tani Suka Maju Banjar Dinas Gandongan Cendana Desa Tukadsumaga Kecamatan Gerokgak oleh drh. Sukertha.

Tujuan dilaksanakannya pemeriksaan gangrep adalah untuk meningkatkan pemahaman peternak dalam pengelolaan dan pelaksanaan teknis kegiatan penanganan gangrep, mencakup deteksi gangrep dan infertilitas ternak sapi, penanggulangan gangrep dan upaya menurunkan kasus gangrep.

Seperti yang kita ketahui, kesehatan hewan sangat penting dalam dukungan keberhasilan peningkatan populasi kaitannya dengan penanganan gangguan reproduksi.
Dampak adanya gangrep dapat dilihat dari tingginya service perconception, panjangnya calving interval, kemajiran dan rendahnya angka kelahiran.

Gangrep pada ternak sapi dapat terjadi akibat berbagai faktor, antara lain masalah pakan serta sanitasi lingkungan maupun peralatan. Dengan demikian, peternak perlu melakukan monitoring dan recording ternaknya dengan baik guna mencegah kerugian yang diakibatkan oleh gangrep. Kegiatan pemeriksaan gangrep ternak sangat berguna bagi peternak karena ternak penderita gangrep dapat ditangani dengan tepat dan kemungkinan buntingnya akan lebih besar setelah di IB, tentunya dengan disertai waktu IB yang tepat.

 

(Riska/bpp gerokgak)