(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pembukaan Festival Lake Buyan

Admin distan | 20 Juni 2014 | 817 kali

Festival Lake Buyan resmi dibuka Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST pada 20 Juni 2014. Pemukulan kentongan dan pelepasan burung cerukcuk atau kutilang menandai dibukanya Festival Lake Buyan 2014. Desa Pancasari yang sejuk dengan aneka potensinya, merupakan gerbang masuk ke Kabupaten Buleleng dari arah selatan. Sejumlah potensi Pancasari, diantaranya, adanya lapangan golf , agro wisata, wisata danau, wisata hutan. Bupati berharap, nantinya, diharapkan adanya pemikiran mengintegrasikan potensi pertanian, kehutanan, pariwisata dan kehidupan budaya masyarakat. Diharapkan nantinya festival menajdi momentum yang baik untuk pengembangan Pancasari.Bupati juga merencanakan akan mengembangkan Lake Buyan Festival menjadi Twin Lake Festival karena disebelah Danau Buyan , dibatasi segaris hutan, terdapat lagi sebuah danau yang tak kalah indah dan asrinya yakni Danau Tamblingan.


Berbagai kegiatan akan digelar selama tiga hari pelaksanaan festival (20 s/d 22 Juni 2014). Salah satunya adalah pentas aneka tarian tradisional yang ditarikan oleh warga setempat, selain pentas seni, dalam festival Danau Buyan ini pengunjung juga bisa menikmati argowisata dan pameran aneka hasil pertanian. Petik strawberry di perkebunan organik, merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan pengunjung atau wisatawan yang datang.Festival Lake Buyan diselenggarakan untuk mempromosikan alam dan pertanian dengan aktivitas petani di Pancasari dan sekitarnya. Danau Buyan Festival mengambil tema " Spirit of Nature " .


Usai membuka festival, Bupati bersama sejumlah undangan memberikan bantuan paket gemar makan ikan kepada anak-anak SD, lalu bersama-sama mencoba hasil olahan ikan berupa bakso dan krupuk yang difasilitasi oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng. Acara dilanjutkan dengan melakukan petik strowbery dan paprika yang ditanam di seputar danau, dan meninjau kontes ternak sapi Bali yang diikuti oleh petani perwakilan sembilan kecamatan. Sesudah itu, Bupati beserta rombongan tamu undangan meninjau pameran hasil industry pertanian dan perkebunan, maupun industry kecil lainnya  yang menempati lima puluh stand. Acara hari pertama Lake Buyan Festival juga dimeriahkan dengan Lomba Mancing Ikan. Festival hari pertama ini ditutup oleh Tari Sang Hyang Penyalin dan penampilan Hiburan Rakyat diantaranya penampilan artis lokal Bali AA. Raka Sidan.