(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pembinaan OPT Tanaman Cengkeh di "SA Padang Mesawen" Desa Kekeran

Admin distan | 15 Oktober 2018 | 220 kali

Senin, 15 Oktober 2018 Pembinaan OPT Tanaman Cengkeh di "SA Padang Mesawen" Desa Kekeran

Sedang berlangsung kegiatan pembinaan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)  tanaman cengkeh,  bertempat di SA Padang Mesawen Desa Kekeran.  Kegiatan dihadiri oleh Pak Agung Adnyana (Kab.), Bpk Made radia,  Bpk Wayan suandia,  Bpk Dewa wiada (selaku PPL Wilbin Kekeran), Bpk Wayan Suastika (selaku petugas POPT kec.  Busungbiu). Kegiatan hari pertama membahas tentang dinamika kelompok tani, teknik budidaya tanaman cengkeh dan Hama Penyakit yang menyerang cengkeh,  khususnya Jamur Akar Putih (JAP).

Rencananya besok kegiatan hari ke-2, praktek langsung ke lapangan untuk mengamati langsung bagaimana serangan JAP tersebut.
Beberapa hasil dari kegiatan hari ini, antara lain :
1. Petani lebih memeperhatikan teknik budidaya tanaman cengkeh,  terutama pemeliharaan (pemupukan) minimal satu kali pemupukan dalam 1 tahun,  faktanya dilapangan petani hanya mengambil hasil dari cengkeh tanpa ada timbal balik ke tanaman.
2. Petani tidak lagi di anjurkan untuk mengambil daun cengkeh,  seperti yang diketahui belakangan ini bahwa petani berlomba-lomba untuk mengambil daun cengkeh,  tidak hanya yang berada di bawah/sudah gugur bahkan smpai sengaja merontokkan daun untuk dijual tanpa mengetahui dampak yang diakibatkan.

Terakhir,  dari sesi tanya jawab yang telah berlangsung dapat disimpulkan bahwa petani sangat antusias dalam mengikuti kegiatan, disamping menambah wawasan dalam budidaya tanaman cengkeh hal lain yang yang didapat yaitu kesadaran petani (khususnya dalam pemeliharaan tanaman yang baik dan benar).

 

I Kadek Wahyu Widiatmika/BPP Busungbiu