(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pembinaan oleh Distanak dalam Pengembangan Kelompok Wanita Tani

Admin distan | 08 Agustus 2016 | 769 kali

Oleh : Bid. Penyuluhan dan Agribisnis Distanak Kab.Buleleng

 

Perkembangan Gender atau Emansipasi kaum perempuan tampak semakin kuat eksistensinya diindikasikan peran ganda yang dimainkan oleh kaum ibu rumah tangga. Tidak hanya peran sosial yaitu memasak, melayani suami, mengasuh dan mendidik anak tetapi juga aktif membentu suami meningkatkan ekonomi keluarga melalui kegiatan usaha Kelompok Wanita Tani. Kabupaten Buleleng sampai dengan tahun 2015 telah memiliki 283 Kelompok Wanita Tani (KWT) yang tersebar di sembilan kecamatan. Berdasarkan stratifikasi menurut skill atau kemampuan, kelompok digolongkan ke dalam empat klas yaitu: Pemula, Lanjut, Madya dan Utama masing-masing  sebanyak 176; 87; 10 dan 2 kelompok. Keadaan menunjukkan semakin tinggi status kelas maka jumlah kelompok  penyandang semakin sedikit secara signifikan, 

     Memandang adanya fakta ketimpangan kemampuan kelompok antar strata masih cukup tinggi yang ditandai oleh dominasi tingkat pemula, maka perlu dilakukan upaya perbaikan melalui pembinaan dengan berbagai cara seperti peningkatan skill, fasilitasi input produksi, pendampingan serta monitoring dan evaluasi perkembangan kelompok. Seiring dengan hal tersebut, dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan KWT maka pada bulan Juli 2016 Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Buleleng telah meluncurkan bantuan bibit tanaman kepada Kelompok Wanita Tani guna memotifasi semangat berusaha. Adapun jenis bantuan bibit yang telah diterima adalah: bibit Toga, bibit buah, dan bibit sayuran diantaranya adalah: : Mangga Legong atau Amplem sari, Sirsak, Sukun, Terong, Cabe, Toga pohon, Toga perdu, Toga rambat dan Cover crop. Adapun KWT yang menerima bantuan antara lain adalah: (1) KWT Lely Kelurahan Banjar Jawa Kec. Buleleng; (2) KWT Widya Amerta Desa Gobleg Kec. Banjar; (3) KWT Dalem Sari Desa Unggahan Kec. Seririt.

      Dalam  waktu yang sama Distanak melalui penyuluh setempat melakukan pendampingan  kepada KWT  penerima bantuan untuk mengarahkan  pengelolaan tanaman  terawat dengan baik dan berhasil guna.

Download disini