(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PEMBINAAN KESMAVET DI KWT MEKAR SARI BANYUPOH

Admin distan | 10 Oktober 2018 | 364 kali

Senin, 8 Oktober 2018 telah berlangsung kegiatan pembinaan Kesmavet (Kesehatan Masyarakat Veteriner) di KWT (Kelompok Wanita Tani) Mekar Sari Desa Banyupoh terkait daging ASUH (Aman, Sehat, Utuh, Halal) yang dihadiri oleh Kasi Plt Kesmavet Bidang Keswan Dinas Pertanian Buleleng, Dokter Hewan BPP Gerokgak dan PPL wilbin.

Pangan asal hewan berpotensi membawa hazards yang dapat mengganggu kesehatan manusia, termasuk beberapa penyakit hewan yang menular ke manusia. Keamanan pangan merupakan persyaratan utama yang semakin penting di era perdagangan bebas. Pangan yang aman, bermutu dan bergizi, berada dan tersedia cukup merupakan prasyarat utama yang harus dipenuhi dalam upaya terselenggaranya suatu sistem pangan yang memberikan perlindungan bagi kepentingan kesehatan serta makan berperan dalam meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Pangan asal hewan seperti daging, susu, dan telur serta hasil olahannya umumnya bersifat mudah rusak dan memiliki potensi mengandung bahaya biologi, kimiawi dan fisik. Oleh sebab itu, pembinaan terkait penanganan produk tersebut sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan anggota KWT juga meningkatkan kesehatan pangan yang nantinya berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat khususnya di Banyupoh.

 

(Riska/bpp gerokgak)