(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pembinaan Kelompok Rumah Pangan Lestari (KRPL) di "KWT Wisma Karya" Desa Bengkel

Admin distan | 05 November 2018 | 417 kali

Sedang berlangsung kegiatan Pembinaan KRPL di "KWT Wisma Karya" Desa Bengkel, Kec. Busungbiu. Pembinaan diisi oleh Bapak Ketut Surena dan Ibu Swartini (selaku Tim dari Dinas Ketahanan Pangan, Kab. Buleleng) dan Ibu Made Suspenseli (Pukesmas 1 Busungbiu) dan dihadiri oleh anggota KWT kurang lebih sebanyak 30 orang serta di dampingi oleh Bapak Nengah Sidia (selaku PPL Wilbin).

Kegiatan difokuskan pada pengisian kuisioner yang telah dibagikan beberapa hari lalu, mengingat pada Tanggal 14 Nopember nanti akan diadakannya evaluasi dari Dinas Provinsi, menyusuri 5 KWT yang telah menerima program KRPL di wilayah Kabupaten Buleleng. Bapak Ketut Surena menjelaskan bahwa dari isian kuisioner yang telah dilaksanakan oleh anggota kelompok masih banyak yang keliru dan kelompok belum bisa dikategorikan dapat memanfaatkan pekarangan rumah guna memenuhi kebutuhan rumah tangga.
Selanjutnya, Ibu Made menambahkan bahwa pemanfaatan hasil dari kegiatan KRPL dapat memenuhi asupan karbohidrat, protein dan gizi minimal dalam 1 rumah tangga.

Beberapa kegiatan di KRPL, antara lain :
1. Kebun bibit
2. Demplot kelompok
3. Kebun Sekolah
4. Pekarangan anggota
5. Pengolahan B2SA
6. Ternak Ayam
Untuk hari ini kegiatan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) diisi dengan pembuatan 'Dodol Terong Susu Kambing' yang langsung di bina oleh Tim Ketahanan Pangan Kab. Buleleng beserta PPL wilbin Desa Bengkel.

Wahyu - BPP Busungbiu