(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pemberdayaan Penangkar Benih Padi Kelompok Tani Sri Amertha Desa Sawan

Admin distan | 10 November 2018 | 798 kali

 

Dalam rangka peningkatan penggunaan benih varietas unggul bersertifikat diperlukan sistem pengelolaan produksi benih yang baik sehingga mampu menyediakan benih di tingkat lapangan sesuai dengan kebutuhan petani, yaitu benih dengan varietas, mutu, jumlah, waktu, lokasi dan harga yang tepat.

Peranan penangkar/kelompok penangkar benih dalam penyediaan benih varietas unggul bersertifikat sangat penting tetapi di sisi lain masih memiliki keterbatasan seperti luas areal produksi dan sumberdaya manusia, prasarana dan sarana, serta modal. Untuk itu diperlukan upaya untuk memberdayakan penangkar benih padi. Agar kegiatan pemberdayaan penangkar benih dapat dilaksanakan dengan baik sesuai tujuan dan sasaran diperlukan pembinaan.
Terkait hal tersebut maka Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng mengadakan Pembinaan Penangkar Benih Padi pada Kelompok Tani Sri Amertha Desa Sawan pada hari ini Jumat, 9 November 2018 yang dihadiri oleh seluruh anggota dan pengurus Kelompok Tani Sri Amertha.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penangkar/kelompok penangkar benih dalam pengelolaan produksi dan pemasaran benih unggul bersertifikat.
Acara yang dihadiri oleh Kasi Perbenihan dan Perlindungan Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, BPSB, PPL Wilbin Sawan, Mantri Tani Kecamatan Sawan, anggota dan juga Pengurus Kelompok Tani Sri Amertha dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Perbekel Desa Sawan diwarnai dengan tanya jawab tentang managemen dan pemasaran penangkar benih unggul.
Adapun harapan dari penangkar benih Kelompok Tani Sri Amertha untuk kedepannya agar Pemerintah Daerah mampu membantu sarana dan prasarana untuk kelancaran kegiatan penangkar dalam memproduksi benih unggul serta agar dibantu dalam pemasaran benih unggul hasil produksi penangkar benih Sri Amertha.

 

Krisnawati /BPP Sawan