(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pemberdayaan Gapoktan Gita Kencana Desa Pegadungan

Admin distan | 23 Oktober 2018 | 258 kali

Gapoktan Gita Kencana Desa Pegadungan adalah merupakan salah satu Desa di Kecamatan Sukasada yang menerima dana PUAP. Pemberdayaan Gapoktan Gita Kencana Desa Pegadungan dihadiri oleh Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Koordinator Kecamatan Sukasada, Perbekel Desa Pegadungan, PPL & Tokoh Masyarakat.

Dalam pengelolaan dana PUAP (Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan) memiliki tujuan meningkatkan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraan. Kegiatan PUAP adalah fasilitasi bantuan modal usaha agribisnis untuk petani pemilik, petani penggarap, buruh tani maupun rumah tangga tani yang dikoordinasikan/ disalurkan melalui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

PUAP bertujuan meningkatkan kapasitas organisasi Gapoktan sebagai kelembagaan petani di pedesaan yang dapat melayani kebutuhan petani anggota, khususnya dalam bidang permodalan. Realisasi di Gapoktan Gita Kencana pengelolaan dana PUAP tidak sesuai sasaran, yang mana dalam pengelolaan dana diawal, Gapoktan membagikan habis dana tersebut kepada seluruh anggota. Permasalahan ini dikarenakan manajemen pengelolaan kurang memiliki strategi dalam pencapaian tujuan bersama.

Dengan demikian solusi dari permasalah ini di antisipasi dengan cara Perbekel memfasilitasi kegiatan pemberdayaan kegiatan selanjutnya agar pengelolaan dana dapat berkembang sesuai dengan tujuan Kegiatan PUAP tersebut.

 

(Padmaswari/BPP Sukasada)