(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pemberdayaan Gapoktan dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Dana PUAP Desa Dencarik

Admin distan | 11 Oktober 2018 | 604 kali

Kamis 11 Oktober 2018, dilaksanakan sosialisasi mengenai pengelolaan dan pemanfaatan dana PUAP dilaksanakan di Desa Dencarik yang langsung di buka oleh Bapak Koordinator BPP Banjar, di dampingi juga oleh tim Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng dari bidang Pra Sarana Pertanian, Tim Penyuluh Pertanian, PPL Wilayah binaan, dan di dampingi juga oleh bapak Kepala Desa Dencarik beserta bapak ibu anggota Gapoktan Sabha Kerta.
Gapoktan Sabha Kertha dari tahun 2016 terakhir sampai sekarang 2018 memiliki peningkatan kekayan hingga kurang lebih 15 juta dengan keaktifan pengelolaan uang secara simpan pinjam. Perlunya sosialisasi mengenai pengolahan maupun pengelolaan dana kas tersebut untuk kemajuan gapoktan.

Di Kecamatan Bajar beberapa waktu yang lalu sudah banyak Gapoktan yang sudah pernah ikut lomba dan mendapatkan juara, seperi Gapoktan di Desa Kaliasem, Gapoktan di Desa Gobleg dan masih ada Gapoktan lainnya yang berprestasi. Tentunya prestasi yang di dapatkan, melalui beberapa pemblajaran yang di dampingi dari tim Kecamatan beserta PPL Wilayah binaan

Beberapa juga arahan yang di berikan dari tim Kabupaten diantaranya : 

  1. Pembuatan ADART yang di sepakati bersama.
  2. Pengelolaan uang tidak hanya sekedar untuk simpan pijam tapi juga dapat di kelola untuk pendanaan modal usaha lainnya.
  3. Perencanaan awal yang matang untuk program kerja yang ingin di kembangkan.
  4. Dilaksanakan rapat evaluasi setiap kegiatan dari jangka pendek maupun jangka panjang.
  5. Pelaporan setiap kegiatan maupun kemajuan dari Gapoktan itu sendiri ke Desa, maupun ke PPL Wilayah binaan.
  6. Beberapa pemanfaatan layanan pemerintah yang perlu di pertimbangkan, seperti adanya bantuan yang bisa di minta dengan usulan dan proposal yang disesuaikan dengan kebutuhan, asuransi pertanian maupun peternakan, dan masih banyak fasilitas yang disediakan. 

Harapan kedepannya supaya semakin maju, dapat meningkatkan pendapatan Gapoktan dan bisa ikut lomba mewakili Desa hingga tingkat Nasional.

 

Pasek Sada_BPP Banjar