(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pelatihan Budidaya Tanaman Kopi Arabika di Subak Abian Candimas Pancasari.

Admin distan | 15 November 2018 | 285 kali

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat digemari diseluruh dunia. Pada era milenial saat ini penikmat kopi tidak hanya orang tua saja melainkan sudah banyak penikmat kopi dari kalangan anak muda. Dengan adanya pertambahan penikmat kopi ini maka permintaan produksi kopi juga semakin bertambah.

Karena jumlah permintaan kopi yang kian meningkat maka saat ini pembudidayaan kopi juga ditingkatkan. Selain untuk meningkatkan jumalah produksi pembudidayaan kopi ini juga memiliki manfaat lain diantaranya untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Subak Abian Candimas merupakan salah satu subak yang terdapat di Desa Pancasari Kecamatan Sukasada yang saat ini menanam kopi. Jenis kopi yang ditanam Subak Abian Candimas ini adalah kopi arabica, hal ini karena ketinggian dari Desa Pancasari >1200 mdpl sehingga cocok untuk ditanami kopi jenis arabika. Karena adanya minat yang cukup tinggi untuk menanam kopi maka pada tanggal 12 November 2018 dilaksanakan kegiatan pelatihan budidaya tanaman kopi arabika.
Pelatihan ini dihadiri oleh kepala bidang perkebunan dan kasi, PPL wilbin Pancasari, beserta petani yang beejumlah 25 orang. Pada pelatihan ini dipaparkan bebagai materi mengenai cara penanaman kopi, cara pemeliharaan kopi, dan juga cara pengolahan kopi dengan cara olah basah. Selain itu juga diadakan pelatihan pembuatan pupuk organik dengan memanfaatkan media mol.
Tujuan dari pelatihan ini agar petani di Subak Candimas Pancasari dapat mengetahui cara penanaman dan pengolahan kopi dengan baik, cara pembuatan pupuk organik yang baik.

Ni Putu Rima Yanti/ BPP Sukasada