(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PELATIHAN ALSINTAN RICE TRANSPLANTER

Admin distan | 01 Oktober 2018 | 490 kali

Pelatihan ALSINTAN (Alat Mesin Pertanian) Rice Transplanter di Subak Tamblang kegiatan ini dilaksanakan Sabtu (29/9). Kegiatan ini dihadiri oleh Kasi Pupuk Pestisida dan Alsintan Ir. Nyoman eli sunaryani beserta Staff Tenaga Teknis, Babinsa wilayah Ds. Kubutambahan, Ketua Subak Tamblang beserta anggota.

Pelatihan alat mesin rice transplanter ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada petani bagaimana cara perawatan serta pemakaian agar digunakan sesuai dengan fungsinya dan mengingat semakin berkurangnya tenaga kerja di sektor pertanian dan mahalnya upah buruh. Kegiatan tanam pada budidaya padi memerlukan banyak tenaga, yakni sekitar 25 % dari seluruh kebutuhan tenaga kerja budidaya.

Teknologi mekanisasi budidaya padi telah banyak diintroduksikan, namun sampai saat ini belum sepenuhnya dilaksanakan. Mekanisasi sebagai alternatif solusi tenaga tanam dilaksanakan dengan penggunaan alsin penanam bibit padi (rice transplanter).

Penggunaan rice transplanter di Prov. Bali mempunyai prospek yang cukup baik, melihat usaha jasa alat mesin pertanian (UPJA) yang telah berjalan baik di Prov. Bali dan penggunaan rice transplanter ini ke depan akan menjadi kebutuhan petani padi dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut.

 

 

Putubudiumarayasa, staff bidang PSP