(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pasar Tani Kabupaten Buleleng Tahun 2013

Admin distan | 18 Oktober 2013 | 610 kali

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Jumat pagi (18/10) membuka pasar Tani Kabupaten Buleleng Tahun 2013, yang berlokasi di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buleleng Jalan A Yani No 99 Singaraja. Dalam sambutannya, Bupati menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi, bahwa Dinas Pertanian dan Peternakan telah mampu melakukan kegiatan yang pertama kali dilakukan. Harapan Bupati, tahun mendatang selalu akan diadakan kegiatan yang sama, karena hal ini merupakan harapan kita, agar buah lokal  Buleleng senantiasa menjadi andalan Buleleng di bidang hortikultura, apalagi menyambut hari Raya Galungan yang akan berlangsung pertengahan Oktober. Masyarakat yang ada dikota Singaraja dapat membeli buah-buahan atau kebutuhan yang lain yang didatangkan dari Desa atau Kecamatan.  


Sementara itu ketika Bupati melakukan peninjauan langsung terhadap kondisi pemasaran produk Pertanian, mengatakan bahwa Kabupaten Buleleng  sangat kaya akan beragam  hasil hortikultura berbeda dengan Kabupaten lain yang ada di Bali, diantaranya, Strobery, mangga yang berkualitas baik, Anggur Buleleng, Paprika, pisang,  Jeruk dan lain-lainnya, sehingga perlu terus dilestarikan dan ditingkatkan pengelolaannya untuk menghasilkan buah lokal yang bermutu.


Kepala Dinas Pertanian Buleleng  Ir. Nyoman Swatantra MMA, selaku ketua Panitia penyelenggara Pasar Tani menyampaikan bahwa tujuan dilakukan pasar Tani Buleleng Tahun 2013 adalah untuk, memperkenalkan dan memasyarakatkan produk lokal, menumbuh kembangkan produktifitas buah-buahan Lokal Buleleng serta  semakin dikenalnya  produksi hortikultura kepada masyarakat  luas.


Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan oleh Bupati Buleleng kepada para pemenang Lomba Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng tahun 2013. Untuk memeriahkan kegiatan pasar tani  juga dilakukan kegiatan lomba Gebogan Buah dengan 32 peserta dari  Wakil Kecamatan di Buleleng, lomba- merangkai bunga  yang diikuti 36 peserta  dari anak-anak SMA/SMK. Selain itu dilaksanakan seminar buah lokal dan lomba carving buah selama 3 hari kegiatan berlangsung
Penyelenggaraan  Pasar Tani Kabupaten Buleleng dilaksanakan  selama tiga hari dari tanggal 18 sampai 20 Oktober 2013.

Liputan Gerbang Daerah oleh I NYOMAN SUDRANA,SP (Petugas Cyber Extension Distanak Buleleng)