(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PANEN PADA DEMPLOT DI SUBAK MENAGUNG DESA KAYUPUTIH

Admin distan | 04 Oktober 2018 | 324 kali

Subak Menagung adalah salah satu subak yang melaksanakan demplot APBD pada tahun 2018. Kegiatan tersebut dimulai dari bulan Juni sampai dengan Oktober 2018, pada akhir kegiatan dilaksanakan panen sekaligus pengambilan ubinan pada hari Rabu, 3 Oktober 2018, bersama Mantri Tani, PPL Wilbin Kayuputih, petani pelaksana Demplot ( Made Astrawan ) serta anggota subak yang turut hadir dan antusias mengukuti kegiatan tersebut.

Pengambilan ubinan tersebut mendapatkan hasil : Jumlah anakan produktif 29 batang, jumlah rumpun per 2,5 m x 2,5 m 108 rumpun, dan berat ubinan 5,9 kg GKP. Hasil ini masih lebih baik dibandingkan dengan lokasi diluar demplot yaitu hanya 5,2 kg GKP, hal ini disebabkan karena sebagian besar lahan dari subak menagung kekurangan air sebagai akibat dari rusaknya salura irigasi/ bendungan subak yang jebol.

Namun secara keseluruhan kegiatan Demplot sudah terlaksana dengan baik dan diharapkan segala teori dan praktek yang sudah diterapkan pada lokasi Demplot mau dan mampu diadopsi oleh petani sekitar baik dari subak menagung itu sendiri maupun petan siluar subak tersebut, sehingga dapat meningkatkan produksi dan mampu meningkatkan kesejahtraan petani khusunya yang ada di Desa Kayuputih.

 

Putu Iwan Darmawan_BPP Banjar