(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pameran dan Berbagai Lomba Meriahkan Festival Lake Buyan

Admin distan | 21 Juni 2014 | 669 kali

Hari ke 2 Festival Lake Buyan dimeriahkan oleh berbagai lomba diantaranya Lomba menggambar, Lomba ngelawar ikan lele, Lomba Gangsing dan Lomba Dayung Pedau. Acara lomba berlangsung meriah, peserta lomba bahkan berasal dari luar kabupaten Buleleng. Sorak para penonton terlihat pada lomba gangsing dan lomba dayung pedau. Pada lomba gangsing tampak semangat peserta dalam berlomba yang diadakan di depan panggung utama Festival. Masing peserta  mengajak rombongan pendukung sehingga arena lomba gangsing tampak ramai dipadati pengunjung. Tidak kalah pula dengan lomba dayung pedau, tampak peserta lomba kesulitan dengan medan lomba dan pengendalian pedau sehingga ada peserta yang sempat terbalik pedaunya, untung saja setiap peserta dibekali jaket pelampung selain itu panitia lomba tidak kalah sigap memberikan pertolongan.


Acara pameran yang menampilkan berbagai macam produk khas Buleleng juga memeriahkan Festival Lake Buyan. Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buleleng menampilkan produk-produk unggulan petani, KWT dan Kelompok Tani Kabupaten Buleleng. Dimana untuk stand difasilitasi oleh BPP di 9 kecamatan. Beberapa kelompok tani dan KWT juga ikut berpartisipasi di stand pameran Festival ini. Selain lomba dan pameran yang tidak kalah menarikyaitu Parade Sapi Gerumbungan yang didakan siang hari cukup menyedot perhatian pengunjung. Pada hari ke dua kegiatan Festival Lake Buyan juga diadakan  2 Seminar yang pertama adalah seminar pertanian organik yang didakan di wantilan Danau Buyan dan Seminar  kelestarian lingkungan dan potensi pengembangan danau  dengan melibatkan pakar lingkungan dan tokoh masyarakat di Kabupaten Buleleng yang didakan di Bali Handara yang difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng bersama dengan PHRI Buleleng.


Acara hari ke 2 ditutup dengan penampilan Gong Kebyar Wanita serta penampilan Hiburan Rakyat yang menampilkan artis lokal Bali Dek Ulik serta tidak kalah grup band dari desa setempat yang menghangatkan suasana dinginnya malam di Danau Buyan. Ribuan pengunjung di malam hari sangat antusias dan membuat kemacetan jalan raya Singaraja Denpasar.