(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Loka Karya Desa Pembangunan & Pangkalan Data Desa, dalam Pembangunan Desa Wisata Ecologis (DWE) Desa Bongancina

Admin distan | 24 Oktober 2018 | 227 kali

Tgl 22-10-2018, diselenggarakannya Loka Karya Desa Pembangunan & Pangkalan Data Desa dalam Pembangunan Desa Wisata Ecologis (DWE) Desa Bongancina sekaligus, Sosialisasi Program dan Pelatihan Pemetaan Partisipatif.

Dalam rangka mempromosikan Desa wisata / Wisata desa yg memiliki konotasi berbeda yang wajib dipilih salah satu model tersebut oleh masyarakat Desa Bongancina secara satu paham agar kedepan bisa berjalan bersinergi.

Progam Desa wisata / wisata Desa yg akan dipilih baru dalam tahap pemetaaan wilayah, pemetaan Data atau potensi yg dimiliki oleh desa bongancina. Dalam hal ini ikut Berkecimpung Dinas Terkait diantaranya Bpk Ketut Suteja selaku perwakilan dari Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng Bpk Nyoman Genep, Kepala Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa Bpk I Made Subur , Camat Busungbiu , Pendamping Desa (PD), Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dari BPP, Perbekel Desa Bongancina serta Prakat Desa & Juga dimotori oleh "YAYASAN WISNU" DESA WISATA ECOLOGIS ( DWE) yang berperan penting dalam model-model Desa Wisata yg akan di bentuk di Desa Bongancina.

Bpk "Made Suarnata" sebagai pendiri sekaligus pembina Yayasan Wisnu (DWE) , Memiliki pengalaman penting dalam pembentukan model-model Desa Wisata yang sukses dan sudah terbukti di sekain wilayah yg telah dibina, seperti salah satunya "Desa Munduk" yang bisa berkembang pesat menjadi Desa Wisata seperti sekarang ini.

Dalam aspek penggalian Data Potensi seperti Kontur wilayah , Sumber Daya Manusia, Potensi Komuditas Andalan & Unggulan Desa Bongancina memiliki beberapa Hal yang patut Dikaji Secara Mendalam seperti :
1. Alam yg asri dan kontur perbukitan yg memiliki suhu udara terbilang sejuk.
2. Masyarakat Yang ramah
3. Sumber daya manusia ( potensi umur 25-35 tahun masih produktif dan Ada di Desa Bongancina)
4. Komuditas andalan seperti areal Kebu KOPI ROBUSTA yg hampir dimiliki oleh sebagian warga masyarakat Desa Bongancina baik dalam bentuk Binaan Gapoktan dan Poktan-poktan yang ada di Desa Bongancina
5. Komuditas Unggulan yang selalu menjadi primadona seperti Tanaman Horti Manggis, Salak Madu, Salak Gula dan Juga koleksi Jenis Buah Pisang yang Beraneka Ragam.

Dari sekian Potensi Desa yang dimiliki Desa Bongancina Besar Harapan masyarakat agar momen Terdaftarnya Desa Bongancina , Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng sebagai Destinasi Desa Wisata Bisa mengangkat Ekonomi/pendapatan masyarakat lokal khususnya dan tidak lepas juga Desa Bongancina Bisa dikenal di Mancanegara Dengan tidak meninggalkan Budaya "TRI HITA KARANA" dan SAPTA PESONA yang ada seperti , Keamanan, Kebersihan, Sejuk dan Keindahan Desa.

 


Harisca Rusmaedy, S.P/BPP Busungbiu