(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Kunjungan Importir dari Negara China ke Kebun Buah Naga

Admin distan | 26 Oktober 2018 | 383 kali

Buleleng (25/10/2018). Pihak Importir dari Negara China dalam hal ini General Administrasion of Customs People's Republic of China (GACC) dalam kunjungannya didampingi oleh pihak Karantina Pertanian Ngurah Rai Bali, perwakilan dari Dirjen Hortikultura, perwakilan dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bali, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Kepala Bidang Hortikultura, Kepala Seksi P2H Bidang Hortikultura dan beberapa staf, serta Pelaku Usaha Eksportir dari Dalam Negeri, meninjau lokasi Kebun Buah Naga milik I Wayan Kantra yang berlokasi di Desa Bulian, Kecamatan Kubutambahan.

Pihak Importir mendapat penjelasan tentang Potensi Hortikultura di Kabupaten Buleleng oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng (Ir. Nyoman Genep, MT.) Pihak Importir dari Negeri China juga mendapatkan penjelasan dari pemilik kebun Buah Naga tentang budidaya dan penanganan pascapanen.

Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng memfasilitasi petani/kelompok tani dengan melakukan pembinaan Good Agricultural Practices (GAP) dan Good Handling Practices (GHP) dalam upaya meningkatkan mutu dan daya saing Produksi Hortikultura Kabupaten Buleleng. Pemerintah Kabupaten Buleleng terus mengembangkan pertanian yang berbasis Organik, karena produk pertanian berbasis organik memiliki kualitas komoditi yang lebih baik dari segi rasa dan daya simpan, serta memiliki nilai jual yang lebih tinggi dan diminati pasar Luar Negeri.

Kunjungan ini merupakan tahap awal untuk memulai merambah pasar Ekspor Buah Naga. Tujuan daripada GACC ke kebun Buah Naga adalah untuk mengambil sampel beberapa Buah Naga dan Hama untuk dilakukan uji kelayakan sebelum disepakati kerjasama Ekspor Buah Naga.

agung/horti