(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Koordinasi Program Kampung Iklim (ProKlim) sebagai salah satu upaya mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Admin distan | 24 Oktober 2018 | 292 kali

Rabu, 24 Oktober 2018 perwakilan kasi Perencanaan dari kantor Camat Banjar memberikan koordinasi tentang Program Kampung Iklam yang akan ditujukan ke masing – masing desa di kecamatan banjar. Kampung Iklim ini merupakan desa model pengelolaan kawasan yang ramah lingkungan, yang mengembangkan konsep pengurangan risiko bencana akibat perubahan iklim melalui upaya adaptasi dan mitigasi serta dapat memenuhi kebutuhan harian mereka, seperti pangan.

​Bpp Banjar selaku instansi yang mengetahui potensi desa yang telah menerapkan kegiatan adaptasi dan mitigasi masing - masing desa - desa di Kecamatan Banjar, melalui Koordinator BPP Banjar menjelaskan ada beberapa daerah yang sebenarnya memenuhi syarat sebagai kampung iklim, seperti desa Kaliasem, desa Banjar dan Gobleg.

Tetapi, dalam program ini, Instansi yang terkait menunggu insiatif dari masyarakat, swasta ataupun pemerintah daerah untuk mendaftarkan wilayahnya dalam program kampung iklim ini. Inisiatif masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sangat dibutuhkan untuk program ini untuk meningkatkan pembangun wilayah mereka sebagai kampung hijau dan juga mengelola sampah di sekitar mereka.

Hasil koordinasi ini akan ditindak lanjuti untuk diteruskan ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, yang diharapkan nantinya ada pembinaan terhadap desa yang dicalonkan dusunnya sebangai kampong iklim.

 

( Putu Iwan Darmawan , Bpp Banjar )