(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Kegiatan SL-PHT di Poktan Sari Pertiwi, desa Tukadsumaga

Admin distan | 06 September 2018 | 328 kali

Pada hari ini tanggal 6 September 2018 telah diadakan kegiatan SL-PHT (Sekolah Lapang Pengelolaan Hama Terpadu ) di Kelompok Tani Sari Pertiwi, desa Tukadsumaga, kecamatan Gerokgak.  Pada kegiatan SL-PHT ini didampingi oleh Putu Santika (Bidang Hortikultura), PPL Tukadsumaga (Mohamad Hanan dan Komang Dodik Kusumajaya) serta POPT (Gde Sarjana dan Komang Riska Wardani).

Kegiatan SL-PHT bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait teknologi pertanian terkini dalam pengelolaan hama penyakit dan melakukan diskusi terkait pemecahan masalah terhadap pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) khususnya pada tanaman cabai.

Dalam prakteknya, petani melakukan pengolahan tanah dengan mengaplikasikan agens hayati berupa Trichoderma sp. dan menggunakan mulsa plastik hitam perak pada setiap bedengan serta memberikan bio pf pada tanaman cabai secara berkala serta rutin melakukan pengamatan OPT. Secara fisik, pengendalian dilakukan dengan memasang lem perangkap serangga (hama) pada lahan. Petani juga mengaplikasikan pupuk organik yang mengandung ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) pada fase vegetatif dan generatif tanaman cabai. Melalui kegiatan SL-PHT ini, petani mendapatkan pengetahuan baru dalam mengendalikan OPT yang berdampak baik secara ekologi maupun ekonomi bagi petani.

 

 

(Komang Riska Wardani, S.P./BPP Gerokgak)