(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

KEGIATAN SANGKEP DI SUBAK PANGKUNG KUNYIT

Admin distan | 07 November 2018 | 261 kali

Subak adalah organisasi tradisional di Bali yang bergerak di bidang pengairan sawah. Sebagai suatu organisasi, subak mempunyai pedoman yang dijadikan dasar dalam menjalankan kegiatannya, yaitu Tri Hita Karana. Secara umum, Tri Hita Karana merupakan 3 hubungan harmonis antara manusia dengan Tuhan (Parhyangan), hubungan manusia dengan sesama manusia (Pawongan), serta hubungan manusia dengan alam (Palemahan). Setiap elemen dalam konsep Tri Hita Karana tersebut diimplementasikan secara nyata pada setiap kegiatan subak.

Salah satu konsep Tri Hita Karana yang masih diterapkan oleh subak sampai saat ini adalah konsep Pawongan yang tercermin dalam kegiatan sangkep. Sangkep adalah kegiatan pertemuan rutin yang dilakukan oleh subak pada hari-hari tertentu seperti rahina anggara kasih, rahina tumpek, serta sehari setelah rahina angga kasih maupun tumpek. Pada hari ini, Rabu (7/11/2018) salah satu subak di Kecamatan Seririt melakukan kegiatan sangkep, yaitu Subak Pangkung Kunyit. Kegiatan sangkep diadakan di Balai Subak yang berlokasi di Desa Banjarasem dan dihadiri oleh Kelian Subak, PPL Wilbin, serta para anggota subak.

Dalam kegiatan sangkep ini terdapat beberapa hal yang dibahas diantaranya terkait antisipasi terhadap bahaya kekeringan mengingat hujan yang belum intens turun di wilayah Kecamatan Seririt bagian barat, masalah pengairan sawah, serta diskusi tentang rencana yang akan dilakukan untuk masa tanam yang akan datang.

Agus Ary Subakti/BPP Seririt